jam

Rabu, 13 Desember 2017

RPP SMP/MTS KELAS VIII K 13 IT'S ENGLISH TIME

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : MTs Terpadu Langsa
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : VIII/Satu
Materi Pokok                         : It’s English time
Alokasi Waktu                       : 6 pertemuan (12JP)

A.    Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.
3.1     Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik, dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.1.1  Menyebutkan 5 ungkapan mendapatkan perhatian dalam bahasa Inggris.
3.1.2  Menyebutkan 5 ungkapan mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
3.1.3  Menyebutkan 5 ungkapan meminta dan memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.
3.1.4  Menyebutkan 5 ungkapan menghargai pekerjaan seseorang dalam bahasa Inggris.
4.
4.1     Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai kinerja yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.1  Membuat percakapan pendek yang menggunakan ungkapan serta respon dari  meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja seseorang, meminta dan memberi pendapat sesuai dengan konteks.

C.     Materi Pembelajaran 
1.         Materi Pembelajaran Reguler
·      Fungsi sosial
·         Menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman
·      Struktur teks
-       Memulai
-       Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·      Unsur kebahasaan
  • Ungkapan a.l. Excuse me, Is it clear?, Great, I think so., dsb.
  • Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·      Topik
Interaksi antara peserta didik dan guru di dalam dan di luar kelas yang tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
2.      Materi Pembelajaran Pengayaan.
Teks transaksional dan interpersonal lisan dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam bentuk performance.
3.      Materi Pembelajaran Remedial.
Teks transaksional dan interpersonal tulis dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam bentuk dial


A.      Metode Pembelajaran
1.         Scientific Approach
2.         Drill Method


B.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    


PERTEMUAN PERTAMA
Langkah Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu

Kegiatan pendahuluan

·         Guru menyampaikan salam dan menanyakan kehadiran peserta didik.
·         Salah satu peserta didik membaca sebuah cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap pertemuan).
·         Brainstorming, Guru bertanya kepada peserta didik bagaimana cara mendapatkan perhatian kepada seseorang dan orang banyak. Kemudian menstimulasi peserta didik untuk mengambil perhatian temannya.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

5’

Kegiatan inti

Peserta didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 4 – 5 anak.
Mengamati:
Peserta didik mengamati gambar di buku dan membaca percakapan antara guru dan murid mengenai “Attention” dengan cara salah satu dari peserta didik membacakan dialog guru.
Menanya:
Setelah mengamati, peserta didik bertanya tentang arti dari kata – kata baru yang mereka temukan dan dengan bimbingan guru peserta didik menanyakan cara – cara mendapatkan perhatian.
Mengeksplorasi:
Peserta didik membuat sebuah percakapan pendek yang mengandung ungkapan mendapatkan perhatian beserta respon yang tepat.
Mengasosiasi:
Peserta didik membandingkan ungkapan attention dalam bahasa Inggris dengan bahasa peserta didik.
Mengkomunikasikan:
Secara berkelompok, peserta didik maju kedepan kelas dengan percaya diri mempraktekkan percakapan yang telah mereka buat.

30’

Kegiatan penutup
·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Guru mengingatkan untuk tetap menggunakan bahasa inggis untuk mendapatkan perhatian dari guru maupun teman - temannya.
·         Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu cara meminta dan memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.
·         Salah satu peserta didik membaca sebuah cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap pertemuan).
·         Guru menutup dengan salam dan mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.

5’

PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam.
·         Siswa berdoa
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari dengan bertanya jawab dengan siswa sesuai dengan materi yaitu “ attention ” dan memberikan warming up seperti  attention please! who is abesent today?
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.

10 menit
Inti
·         Guru memodelkan dialog dan siswa mendengarkan dialoq dan memahaminya.
·         Melalui gambar pada halaman 9 – 12 dibuku When English Rings a Bell, siswa  mengamati percakapan di gambar tersebut.
·         Secara bergantian peserta didik mampu memainkan peran yang ada dibuku tersebut yaitu memodelkan dialoq
·         Siswa  dapat merespon dengan tepat ketika ada yang meminta perhatian mereka.
·         Siswa memahami cara untuk mendapatkan perhatian seseorang maupun orang banyak.
·         Siswa  mampu membuat sebuah percakapan pendek yang mengandung ungkapan perhatian beserta responnya.
·         Secara berkelompok, siswa percaya diri maju ke depan mempraktekkan percakapan yang telah mereka buat.
·         Dalam kegiatan berkelompok, siswa  mampu bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan tugas.

60 menit













Penutup
·         Guru meminta siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·         Guru menanyakan manfaat & kesulitan selama proses pembelajaran.
·         Siswa diberi tugas untuk menyapa beberapa orang yang dijumpainya sesuai dengan penggunaan waktu yang tepat, serta mencatatnya.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit

PERTEMUAN KETIGA
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru menyampaikan salam
·         Guru mencari perhatian siswa menggunakan ungkapan attention, dan menanyakan kehadiran peserta didik.
·         Salah satu peserta didik membaca sebuah cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap pertemuan).
·         Brainstorming, Guru melihat catatan bahasa Inggris peserta didik dan memberikan reward berupa pujian dalam bahasa Inggris kepada peserta didik.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.



10 menit
Inti
·         Peserta didik mengamati gambar pada halaman 14 dan membacakan percakapan tersebut.
·         Dari pengamatan tersebut, peserta didik mencari  arti kata – kata baru yang dia temukan.
·         Guru melakukan role play  “Asking and Giving Opinion” dan peserta didik di minta untuk memperhatikan
·         Guru mengecek kepahaman peserta didik dengan ungkapan checking for understanding dan memberikan reward dengan ungkapan seperti “that’s good, Great, Excellent”.
·         Peserta didik mendiskusikan penggunaan ungkapan mengecek pemahaman, meminta dan memberi pendapat juga menghargai kerja seseorang dalam kehidupan sehari – hari.
·         Beberapa peserta didik maju kedepan kelas memainkan peran seorang guru dengan menggunakan ungkapan checking for understanding, asking and giving opinion, dan rewarding someone’s work.

60 menit









Penutup
·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Guru mengingatkan pentingnya menghargai hasil kerja seseorang.
·         Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu mereview pelajaran yang telah dipelajari seperti attention, checking for understanding, asking and giving opinion, dan rewarding someone’s work dan akan memberikan latihan - latihan.
·         Salah satu peserta didikmembaca sebuah cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap pertemuan).
·         Guru menutup dengan salam dan mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.

10 menit
PERTEMUAN KEEMPAT
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru menyampaikan salam, dan menanyakan keadaan siswa
·         Guru  mengecek kehadiran sisiwa
·         Guru bertanya pada siswa menyangkut materi yang sudah di pelajari di pertemuan ketiga
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan secara sigkat dan memberika contoh kepada siswa 

10menit
Inti
·         Siswa diminta untuk mengeluarkan buku latihan
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa menyangkut latihan yang diberikan kepada siswa
·         Memberikan soal dan guru sangat berharap siswa mengerjakan tugas itu sendiri.
60 menit





Penutup
·         Guru membahas soal yang telah di kerjakan siswa
·         Guru mengecek apakah seluruh siswa sudah paham dengan soal yang di berikan guru
·         Guru meminta murid untuk mengulang pembahasan yang sebelumnya di sampaikan oleh guru
·         Guru memberikan kisi-kisi ulangan kepada siswa
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa yaitu “keep study at home ” and do your homework
·         Guru mengucapkan salam
10 menit

 PERTEMUAN KELIMA
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru memberi salam.
·         Siswa berdoa
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari dengan bertanya jawab dengan siswa sesuai dengan materi yaitu are you kee study at home? Greet job students
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.

10 menit
Inti
·         Guru memodelkan dialog dan siswa mendengarkan dialoq dan memahaminya.
·         Melalui gambar pada halaman 16 dibuku When English Rings a Bell, siswa  mengamati percakapan di gambar tersebut.
·         Secara bergantian peserta didik mampu memainkan peran yang ada dibuku tersebut yaitu memodelkan dialoq
·         Siswa  dapat merespon dengan tepat ketika ada yang meminta perhatian mereka.
·         Siswa memahami cara untuk mendapatkan perhatian seseorang maupun orang banyak.
·         Siswa  mampu membuat sebuah percakapan pendek yang mengandung ungkapan perhatian beserta responnya.
·         Secara berkelompok, siswa percaya diri maju ke depan mempraktekkan percakapan yang telah mereka buat.
·         Dalam kegiatan berkelompok, siswa  mampu bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan tugas.

60 menit













Penutup
·         Guru meminta siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·         Guru menanyakan manfaat & kesulitan selama proses pembelajaran.
·         Siswa diberi tugas untuk menyapa beberapa orang yang dijumpainya sesuai dengan penggunaan waktu yang tepat, serta mencatatnya.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.

10 menit

PERTEMUAN KEENAM
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru menyampaikan salam, dan menanyakan keadaan siswa
·         Guru  mengecek kehadiran sisiwa
·          Guru bertana apakah ada pembahasan yang belum jelas dan mengulang kembali

10menit
Inti
·         Siswa diminta untuk mengeluarkan kertas selembar 
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa menyangkut ulangan  yang diberikan kepada siswa
·         Memberikan soal dan guru sangat berharap siswa mengerjakan tugas itu sendiri
60 menit



Penutup
·         Guru membahas soal yang telah di kerjakan siswa
·         Guru mengecek apakah seluruh siswa sudah paham dengan soal yang di berikan guru
·         Guru membberikan motivasi kepada siswa seperti keep study hard.
·         Guru mengucapkan salam
10 menit


C.    Penilaian

1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian           :  Observasi
b.      Bentuk instrument        :  Lembar observasi
c.       Kisi – kisi                      :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
1 – 3
                        Lampiran 1


2.      Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian           :  Penilaian diri
b.      Bentuk instrument        :  Lembar penilaian diri
c.       Kisi – kisi                      :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kesopanan
1
  1.  
Tanggung jawab
2
  1.  
Percaya diri
3
                        Lampiran 2

3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian           :  Tes tulis
b.      Bentuk instrument        :  uraian
c.       Kisi – kisi                      :

No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Menyebutkan 5 ungkapan mendapatkan perhatian dalam bahasa Inggris.
Soal Uraian No 1
  1.  
Menyebutkan 5 ungkapan mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
Soal Uraian No 2
  1.  
Menyebutkan 5 ungkapan meminta dan memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.
Soal Uraian No 3
  1.  
Menyebutkan 5 ungkapan menghargai pekerjaan seseorang dalam bahasa Inggris.
Soal Uraian No 4
Lampiran 3


4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian           :  Tes praktik
b.      Bentuk instrument        :  check list
c.       Kisi – kisi                      :

No.
Indikator
Butir Instrumen

1.       

Melakukan percakapan didepan kelas.


Tes praktik 1.

        Lampiran 4

D.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1)      Media
§  Pictures
§  Power Point

2)      Alat
§  Infocus

3)     Sumber belajar
§  Buku teks When English Rings a Bell


Mengetahui
Guru Pamong




Irmayana, S. Pd
               Nip. -
Langsa,     September 2017

Mahasiswa PPL



Megawati
NIM. 1042014048
Mengetahui;
Kepala Sekolah MTs. Terpadu Langsa




Drs. M. Husin Abdul Gani
NIP. 19631231 199905 1 008
Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)

Instrumen observasi     :  Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada
                                          indikator: Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai
                                          kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
Petunjuk:
1.         Buatlah percakapan yang mengandung ungkapan attention dengan teman sebangkumu.
2.         Hafalkan percakapan yang sudah kalian buat.
3.         Praktekkan percakapan yang sudah kalian hafalkan.


Lembar observasi         :  Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai
                                          kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.


No.
Sikap yang dinilai
Skor
1
2
3
  1.  
Mengagumi suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.




  1.  
Mengagumi dialek temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.




  1.  
Mengagumi gesture temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.




Jumlah Skor yang Diperoleh



No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.

1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi perbedaan dialek temannya.
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi gesture temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.


Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 4

Skor Maksimum

Konversi Penilaian:

Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1< Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor < 1








Lampiran 2: Penilaian sikap sosial (Penilaian diri)

Instrumen penilaian diri       :  Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik, dalam
hal: kesopanan dalam bertutur kata, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas – tugas, dan percaya diri saat mempraktekkan percakapan dalam bahasa Inggris.
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kesopanan, tanggung jawab, dan percaya diri saat mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan Lembar Penilaian Diri berikut.

No.
Sikap
Skor
1
2
3
  1.  
Kesopanan



  1.  
Tanggung jawab



  1.  
Percaya diri



Jumlah Skor yang Diperoleh



No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kesopanan
1.   Tidak sopan kepada guru dan temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
2.   Sopan kepada guru namun tidak sopan kepada temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
3.   Sopan kepada guru dan temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
2
Tanggung  jawab
1.   Tidak menyelesaikan tugas.
2.   Menyelesaikan tugas tapi tidak mengumpulkannya tepat waktu.
3.   Menyelesaikan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu.
3
Percaya diri
1.    Tidak perccaya diri dan sangat nervous saat mempraktekkan percakapan dalam bahasa Inggris.
2.    Menunjukkan sikap percaya diri namun sedikit nervous saat mempraktekkan percakapan dalam bahasa Inggris didepan kelas.
3.    Menunjukkan sikap percaya diri saat mempraktekkan percakapan dalam bahasa Inggris didepan kelas.


Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X4

Skor Maksimum

Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1< Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor < 1






Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)

Instrumen

Tes Tulis:
Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik pada materi pokok tentang ungkapan attention, checking for understanding, asking and giving opinion, dan rewarding someone’s work.

1.      Mention 5 expressions to get attention!
2.      Mention 5 expressions of checking for understanding!
3.      Mention 5 expressions of asking and giving opinion!
4.      Mention 5 expressions to reward someone’s work!

No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
1)      Attention, please.
2)      Excuse me.
3)      Everybody.
4)      Hi / Hello.
5)      Ahmad / Edo (call the name of the person)


5
2.
1)      Do you understand (Don’t you understand)?
2)      Do you know what I mean?
3)      Are you with me (so far)?
4)      Is it clear?
5)      Got it?


5
3.
1)      Do you have any Idea?
2)      What is your opinion about…?
3)      What do you think about…?
4)      How do you feel about..?
5)      Do you think …?


5
4.
1)      Great!
2)      Excellent!
3)      Good job!
4)      That’s good!
5)      What a wonderful / beautiful picture



5

Skor maksimum


20


Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100


Skor Maksimum












Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik)

Tes Praktik 1:
Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal:
1)      Membuat dialog percakapan.
2)      Mempraktekkan percakapan yang telah dibuat.
3)      Gesture yang sesuai.

No.
Indikator
Skor
1
2
3
  1.  
Kosa kata (vocabulary)



  1.  
Ejaan tulisan (spelling)



  1.  
Pengucapan (Pronunciation)



  1.  
Kelancaran (fluency)



  1.  
Gesture



Jumlah Skor yang Diperoleh


No
Indikator
Rubrik
1
Kosa kata
(Vocabulary)
1.      Banyak kesalahan baik secara tertulis maupun lisan sehingga sulit dipahami.
2.      Ada beberapa kesalahan baik secara tertulis maupun secara lisan namun masih bisa dipahami.
3.      Tidak ada kesalahan baik secara tertulis maupun secara lisan sehingga sangat mudah dipahami.
2
Ejaan tulisan
(Spelling)
1.      Banyak kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga bacaan sulit dipahami.
2.      Ada beberapa kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris namun bacaan masih bisa dipahami.
3.      Tidak ada kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga tulisan mudah dipahami.
2
Kelancaran
(Fluency)
1.      Sangat tidak lancar dan berhenti terlalu lama saat berbicara dalam bahasa Inggris.
2.      Cukup lancar, hanya berhenti sejenak saat berbicara dalam bahasa Inggris.
3.      Sangat lancar saat berbicara dalam bahasa Inggris.
4
Pengucapan
Pronunciation
1.      Banyak kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga sulit dimengerti.
2.      Ada beberapa kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris namun masih bisa dimengerti.
3.      Tidak ada kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga mudah dimengerti.
8
Gesture
1.      Menggunakan gesture yang sesuai dan tidak menunjukkan nervous.
2.      Menggunakan gesture yang sesuai tapi masih menjukkan nervous.
3.      Tidak menggunakan gesture yang sesuai dan sangat nervous.

Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100


Skor Maksimum




KISI-KISI ULANGAN HARIAN

KD:
Memahami ungkapan – ungkapan yang digunakan untuk mendapatkan perhatian, mengecek pemahaman, menanyakan dan memberikan pendapat dan menghargai hasil kerja seseorang dalam bahasa inggris.

No.
Materi Ajar
Indikator soal
Nomor
Soal
Tingkat Kompetensi
C1
C2
C3
C4
C5
1.
Ungkapan sapaan, pamitan, terima kasih, dan permintaan maaf.
Menyebutkan 2 cara untuk mendapatkan perhatian dalam bahasa Inggris.
1
Ö




Memahami ungkapan yang menunjukkan cara untuk mendapatkan perhatian dalam bahasa Inggris.
2

Ö



Menentukan cara mengecek pemahaman sesuai dengan responnya.
3

Ö



Merespon ungkapan mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
4

Ö



Menyebutkan 2 cara untuk mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
5
Ö




Menentukan pendapat yang sesuai dengan konteks dalam bahasa Inggris.
6


Ö


Menyebutkan 2 cara untuk menanyakan pendapat dalam bahasa Inggris.
7
Ö




Menyebutkan 2 cara untuk memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.
8
Ö




Menentukan penghargaan yang sesuai dengan konteks dalam bahasa Inggris.
9


Ö


Menyebutkan 2 cara untuk menghargai hasil kerja seseorang dalam bahasa Inggris.
10
Ö






Keterangan:
C1 = Mengingat, C2 = Memahami, C3 = Menerapkan, C4 = Menganalisis, C5 = Mengevaluasi











ULANGAN HARIAN

1.      These following expressions are the ways to get attention, except …
a.       Hey!                               b.   attention, please!               c.   I think!

2.      Amir        :  Excuse me, miss. What is “board marker” in Indonesian?
The expression of attention that Amir said is …
a.       Excuse me                                              b.   attention, miss.               c.   board marker.

3.      Mr. Ali     :  …………………?
Ahmad     :  Yes, I understand.
a.       I understand                   b.   Do you think so?               c.   Do you understand?

4.      Mr. Ali     :  Is it clear?
Ahmad     :  …………………
a.       I think it is good            b.   I’m with my friend.          c.   I’m sorry, it’s not clear.

5.      These following expressions are the ways to check for understanding, except …
a.       What do you think?       b.   Do you understand?         c.   Do you know what I mean?

6.      What do you think about this picture?

Description: C:\Users\Win8\Documents\gambar-pemandangan-pantai-image-pemandangan-indah-wallpaper-pemandangan-pantai.jpg                                                     
a.       I think it is beautiful.
b.      Yes, I think so.
c.       I don’t think so.



7.      These following expressions are the ways of asking for opinion, except …
a.       What do you think?       b.   Do you understand?         c.   Do you have any idea?

8.      These following expressions are the ways of giving for opinion, except …
a.       I understand …              b.   I think …                          c.   In my point of view …

9.      What does the following emotion mean?

Description: C:\Users\Win8\Documents\that's good.jpg                                                     
a.                   That’s good!
b.                   That’s not good!
c.                   That’s bad!

10.  These following expressions are the ways of rewarding someone’s work, except …
a.       That’s good!                   b.   Good job!                          c.   I think!

KUNCI ULANGAN HARIAN

1.            C
2.            A
3.            C
4.            C
5.            A
6.         A
7.         B
8.         A
9.         A
10.     C

Nilai =
Jumlah Benar yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum



1 komentar: