RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MTs Terpadu Langsa
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/Satu
Materi Pokok : It’s English time
Alokasi Waktu : 6 pertemuan (12JP)
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.
|
3.1 Menerapkan
struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial dari
ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja yang baik,
dan meminta dan mengungkapkan pendapat, serta responsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1 Menyebutkan
5 ungkapan mendapatkan perhatian dalam bahasa Inggris.
3.1.2 Menyebutkan
5 ungkapan mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
3.1.3 Menyebutkan
5 ungkapan meminta dan memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.
3.1.4 Menyebutkan
5 ungkapan menghargai pekerjaan seseorang dalam bahasa Inggris.
|
4.
|
4.1 Menyusun teks lisan sederhana untuk mengucapkan
dan merespon ungkapan meminta perhatian, mengecek pemahaman, dan menghargai
kinerja yang baik, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.1.1 Membuat percakapan pendek yang menggunakan ungkapan serta
respon dari meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja seseorang, meminta dan
memberi pendapat sesuai dengan konteks.
|
C. Materi Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran Reguler
· Fungsi sosial
·
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru dan teman
·
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi
(diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur kebahasaan
- Ungkapan a.l. Excuse me, Is it clear?, Great, I think
so., dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan,
tanda baca, dan tulisan tangan
· Topik
Interaksi antara
peserta didik dan guru di dalam dan di luar kelas yang tindakan meminta
perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan
pendapat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan.
Teks
transaksional dan interpersonal lisan dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam
bentuk performance.
3.
Materi
Pembelajaran Remedial.
Teks
transaksional dan interpersonal tulis dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam
bentuk dial
A.
Metode Pembelajaran
1.
Scientific Approach
2.
Drill Method
B. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
PERTEMUAN PERTAMA
Langkah Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam dan
menanyakan kehadiran peserta didik.
·
Salah satu peserta didik membaca
sebuah cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap pertemuan).
·
Brainstorming, Guru bertanya
kepada peserta didik bagaimana cara mendapatkan perhatian kepada seseorang
dan orang banyak. Kemudian menstimulasi peserta didik
untuk mengambil perhatian temannya.
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
5’
|
Kegiatan
inti
|
Peserta
didik membentuk kelompok, dengan jumlah anggota 4 – 5 anak.
Mengamati:
Peserta didik mengamati gambar di buku dan membaca
percakapan antara guru dan murid mengenai “Attention” dengan cara salah satu
dari peserta didik membacakan dialog guru.
Menanya:
Setelah mengamati, peserta didik bertanya tentang
arti dari kata – kata baru yang mereka temukan dan dengan bimbingan guru
peserta didik menanyakan cara – cara mendapatkan perhatian.
Mengeksplorasi:
Peserta didik membuat sebuah
percakapan pendek yang mengandung ungkapan mendapatkan perhatian beserta
respon yang tepat.
Mengasosiasi:
Peserta didik membandingkan ungkapan attention dalam bahasa Inggris dengan bahasa peserta didik.
Mengkomunikasikan:
Secara berkelompok, peserta didik maju kedepan kelas
dengan percaya diri mempraktekkan percakapan yang telah mereka buat.
|
30’
|
Kegiatan
penutup
|
·
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru mengingatkan untuk tetap
menggunakan
bahasa inggis untuk mendapatkan perhatian dari
guru maupun teman - temannya.
·
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu cara meminta dan memberikan pendapat dalam
bahasa Inggris.
·
Salah satu peserta didik membaca
sebuah cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap pertemuan).
·
Guru menutup dengan salam dan
mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
|
5’
|
PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam.
·
Siswa
berdoa
·
Guru mengecek
kehadiran siswa.
·
Guru
mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari dengan bertanya
jawab dengan siswa sesuai dengan materi yaitu “ attention ” dan memberikan
warming up seperti attention please!
who is abesent today?
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
memodelkan dialog dan siswa mendengarkan dialoq dan memahaminya.
·
Melalui gambar pada halaman 9 – 12
dibuku When English Rings a Bell, siswa mengamati percakapan di gambar tersebut.
·
Secara bergantian peserta didik mampu
memainkan peran yang ada dibuku tersebut yaitu memodelkan dialoq
·
Siswa
dapat merespon dengan tepat ketika ada yang meminta perhatian mereka.
·
Siswa memahami cara untuk mendapatkan
perhatian seseorang maupun orang banyak.
·
Siswa
mampu membuat sebuah percakapan pendek yang mengandung ungkapan
perhatian beserta responnya.
·
Secara berkelompok, siswa percaya diri
maju ke depan mempraktekkan percakapan yang telah mereka buat.
·
Dalam kegiatan berkelompok, siswa mampu bekerja sama dengan baik dalam
menyelesaikan tugas.
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru
meminta siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·
Guru
menanyakan manfaat & kesulitan selama proses pembelajaran.
·
Siswa
diberi tugas untuk menyapa beberapa orang yang dijumpainya sesuai dengan
penggunaan waktu yang tepat, serta mencatatnya.
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
10
menit
|
PERTEMUAN KETIGA
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam
·
Guru mencari perhatian siswa
menggunakan ungkapan attention, dan menanyakan kehadiran peserta didik.
·
Salah satu peserta didik membaca
sebuah cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap
pertemuan).
·
Brainstorming, Guru melihat catatan
bahasa Inggris peserta didik dan memberikan reward berupa pujian dalam bahasa
Inggris kepada peserta didik.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Peserta didik mengamati gambar pada
halaman 14 dan membacakan percakapan tersebut.
·
Dari pengamatan tersebut, peserta
didik mencari arti kata – kata baru
yang dia temukan.
·
Guru melakukan role play “Asking and Giving Opinion” dan peserta
didik di minta untuk memperhatikan
·
Guru mengecek kepahaman peserta didik
dengan ungkapan checking for understanding dan memberikan reward dengan
ungkapan seperti “that’s good, Great, Excellent”.
·
Peserta didik mendiskusikan penggunaan
ungkapan mengecek pemahaman, meminta dan memberi pendapat juga menghargai
kerja seseorang dalam kehidupan sehari – hari.
·
Beberapa peserta didik maju kedepan
kelas memainkan peran seorang guru dengan menggunakan ungkapan checking for
understanding, asking and giving opinion, dan rewarding someone’s work.
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik bersama guru menyimpulkan
hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru mengingatkan pentingnya
menghargai hasil kerja seseorang.
·
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu mereview pelajaran yang telah dipelajari
seperti attention, checking for understanding, asking and giving opinion, dan
rewarding someone’s work dan akan memberikan latihan - latihan.
·
Salah satu peserta didikmembaca sebuah
cerita tentang kegiatan yang dilakukan sehari-hari (bergantian setiap
pertemuan).
·
Guru menutup dengan salam dan
mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
|
10
menit
|
PERTEMUAN KEEMPAT
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam, dan
menanyakan keadaan siswa
·
Guru
mengecek kehadiran sisiwa
·
Guru bertanya pada siswa menyangkut
materi yang sudah di pelajari di pertemuan ketiga
·
Guru meminta siswa untuk menjelaskan
secara sigkat dan memberika contoh kepada siswa
|
10menit
|
Inti
|
·
Siswa diminta untuk mengeluarkan buku
latihan
·
Guru memberikan instruksi kepada siswa
menyangkut latihan yang diberikan kepada siswa
·
Memberikan
soal dan guru sangat berharap siswa mengerjakan tugas itu sendiri.
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru membahas soal yang telah di
kerjakan siswa
·
Guru mengecek apakah seluruh siswa
sudah paham dengan soal yang di berikan guru
·
Guru meminta murid untuk mengulang
pembahasan yang sebelumnya di sampaikan oleh guru
·
Guru memberikan kisi-kisi ulangan
kepada siswa
·
Guru memberikan motivasi kepada siswa
yaitu “keep study at home ” and do your homework
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
PERTEMUAN
KELIMA
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam.
·
Siswa
berdoa
·
Guru
mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari dengan bertanya
jawab dengan siswa sesuai dengan materi yaitu are you kee study at home?
Greet job students
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
memodelkan dialog dan siswa mendengarkan dialoq dan memahaminya.
·
Melalui gambar pada halaman 16 dibuku When English Rings a Bell, siswa mengamati percakapan di gambar tersebut.
·
Secara bergantian peserta didik mampu
memainkan peran yang ada dibuku tersebut yaitu memodelkan dialoq
·
Siswa
dapat merespon dengan tepat ketika ada yang meminta perhatian mereka.
·
Siswa memahami cara untuk mendapatkan
perhatian seseorang maupun orang banyak.
·
Siswa
mampu membuat sebuah percakapan pendek yang mengandung ungkapan
perhatian beserta responnya.
·
Secara berkelompok, siswa percaya diri
maju ke depan mempraktekkan percakapan yang telah mereka buat.
·
Dalam kegiatan berkelompok, siswa mampu bekerja sama dengan baik dalam
menyelesaikan tugas.
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru
meminta siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·
Guru
menanyakan manfaat & kesulitan selama proses pembelajaran.
·
Siswa
diberi tugas untuk menyapa beberapa orang yang dijumpainya sesuai dengan
penggunaan waktu yang tepat, serta mencatatnya.
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
10
menit
|
PERTEMUAN KEENAM
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam, dan
menanyakan keadaan siswa
·
Guru
mengecek kehadiran sisiwa
·
Guru bertana apakah ada pembahasan yang
belum jelas dan mengulang kembali
|
10menit
|
Inti
|
·
Siswa diminta untuk mengeluarkan
kertas selembar
·
Guru memberikan instruksi kepada siswa
menyangkut ulangan yang diberikan
kepada siswa
·
Memberikan
soal dan guru sangat berharap siswa mengerjakan tugas itu sendiri
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru membahas soal yang telah di
kerjakan siswa
·
Guru mengecek apakah seluruh siswa
sudah paham dengan soal yang di berikan guru
·
Guru
membberikan motivasi kepada siswa seperti keep study hard.
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
C.
Penilaian
1. Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk instrument : Lembar observasi
c.
Kisi – kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Mengagumi suara, dialek, dan gesture
temannya sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
|
1
– 3
|
Lampiran 1
2. Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Penilaian diri
b.
Bentuk instrument : Lembar penilaian diri
c.
Kisi – kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Kesopanan
|
1
|
|
Tanggung jawab
|
2
|
|
Percaya diri
|
3
|
Lampiran 2
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes tulis
b.
Bentuk instrument : uraian
c.
Kisi – kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Menyebutkan 5 ungkapan mendapatkan
perhatian dalam bahasa Inggris.
|
Soal Uraian No 1
|
|
Menyebutkan 5
ungkapan mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
|
Soal Uraian No 2
|
|
Menyebutkan 5
ungkapan meminta dan memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.
|
Soal Uraian No 3
|
|
Menyebutkan 5
ungkapan menghargai pekerjaan seseorang dalam bahasa Inggris.
|
Soal
Uraian No 4
|
Lampiran 3
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes praktik
b.
Bentuk instrument : check list
c. Kisi
– kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Melakukan percakapan didepan kelas.
|
Tes praktik 1.
|
Lampiran
4
D.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1) Media
§
Pictures
§
Power Point
2) Alat
§ Infocus
3) Sumber belajar
§
Buku teks When English Rings a Bell
Mengetahui
Guru
Pamong
Irmayana,
S. Pd
Nip. -
|
Langsa, September 2017
Mahasiswa PPL
Megawati
NIM. 1042014048 |
Mengetahui;
Kepala
Sekolah MTs. Terpadu Langsa
Drs.
M. Husin Abdul Gani
NIP.
19631231 199905 1 008
Lampiran
1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen observasi : Digunakan untuk
menilai sikap spiritual peserta didik, pada
indikator:
Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai
kesempurnaan
makhluk ciptaan tuhan.
Petunjuk:
1.
Buatlah percakapan yang
mengandung ungkapan attention dengan teman sebangkumu.
2.
Hafalkan percakapan yang sudah
kalian buat.
3.
Praktekkan percakapan yang
sudah kalian hafalkan.
Lembar observasi : Mengagumi suara,
dialek, dan gesture temannya sebagai
kesempurnaan
makhluk ciptaan tuhan.
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Mengagumi
suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.
|
|
|
|
|
Mengagumi
dialek temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.
|
|
|
|
|
Mengagumi
gesture temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap suara teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap suara teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap suara teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi perbedaan dialek temannya.
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap dialek teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap dialek teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap dialek teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan
rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi gesture temannya
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman
terhadap gesture teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan
rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap gesture teman tetapi mengungkapkan secara verbal
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap gesture teman dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1< Skor ≤
3
Kurang
(K) apabila Skor < 1
Lampiran 2: Penilaian sikap sosial (Penilaian diri)
Instrumen penilaian diri : Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik, dalam
hal: kesopanan dalam
bertutur kata, bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas – tugas, dan percaya
diri saat mempraktekkan percakapan dalam bahasa Inggris.
Petunjuk:
Lakukan penilaian terhadap dirimu sendiri dalam hal kesopanan,
tanggung jawab, dan percaya diri saat mengikuti kegiatan pembelajaran
menggunakan Lembar Penilaian Diri berikut.
No.
|
Sikap
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kesopanan
|
|
|
|
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
Percaya diri
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kesopanan
|
1.
Tidak sopan kepada guru dan temannya
dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
2.
Sopan kepada guru namun tidak
sopan kepada temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau
bahasa Indonesia.
3.
Sopan kepada guru dan
temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa
Indonesia.
|
2
|
Tanggung jawab
|
1.
Tidak menyelesaikan tugas.
2.
Menyelesaikan tugas tapi
tidak mengumpulkannya tepat waktu.
3.
Menyelesaikan tugas dan
mengumpulkannya tepat waktu.
|
3
|
Percaya diri
|
1.
Tidak perccaya diri dan
sangat nervous saat mempraktekkan
percakapan dalam bahasa Inggris.
2.
Menunjukkan sikap percaya
diri namun sedikit nervous saat
mempraktekkan percakapan dalam bahasa Inggris didepan kelas.
3.
Menunjukkan sikap percaya
diri saat mempraktekkan percakapan dalam bahasa Inggris didepan kelas.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1< Skor ≤
3
Kurang
(K) apabila Skor < 1
Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen
Tes Tulis:
|
Digunakan
untuk menilai pengetahuan peserta didik pada materi pokok tentang ungkapan
attention, checking for understanding, asking and giving opinion, dan
rewarding someone’s work.
|
1. Mention
5 expressions to get attention!
2. Mention
5 expressions of checking for understanding!
3. Mention
5 expressions of asking and giving opinion!
4. Mention
5 expressions to reward someone’s work!
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
1) Attention,
please.
2) Excuse
me.
3) Everybody.
4) Hi
/ Hello.
5) Ahmad
/ Edo (call the name of the person)
|
5
|
2.
|
1) Do
you understand (Don’t you understand)?
2) Do
you know what I mean?
3) Are
you with me (so far)?
4) Is
it clear?
5) Got
it?
|
5
|
3.
|
1) Do
you have any Idea?
2) What
is your opinion about…?
3) What
do you think about…?
4) How
do you feel about..?
5) Do
you think …?
|
5
|
4.
|
1)
Great!
2)
Excellent!
3)
Good job!
4)
That’s good!
5)
What a wonderful / beautiful
picture
|
5
|
Skor maksimum
|
20
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik)
Tes Praktik 1:
|
Digunakan untuk menilai
keterampilan peserta didik dalam hal:
1) Membuat
dialog percakapan.
2) Mempraktekkan
percakapan yang telah dibuat.
3) Gesture
yang sesuai.
|
No.
|
Indikator
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kosa kata (vocabulary)
|
|
|
|
|
Ejaan tulisan (spelling)
|
|
|
|
|
Pengucapan (Pronunciation)
|
|
|
|
|
Kelancaran (fluency)
|
|
|
|
|
Gesture
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Kosa kata
(Vocabulary)
|
1.
Banyak kesalahan baik secara
tertulis maupun lisan sehingga sulit dipahami.
2.
Ada beberapa kesalahan baik
secara tertulis maupun secara lisan namun masih bisa dipahami.
3.
Tidak ada kesalahan baik
secara tertulis maupun secara lisan sehingga sangat mudah dipahami.
|
2
|
Ejaan tulisan
(Spelling)
|
1.
Banyak kesalahan ejaan
tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga bacaan sulit dipahami.
2.
Ada beberapa kesalahan ejaan
tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris namun bacaan masih bisa dipahami.
3.
Tidak ada kesalahan ejaan
tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga tulisan mudah dipahami.
|
2
|
Kelancaran
(Fluency)
|
1.
Sangat tidak lancar dan
berhenti terlalu lama saat berbicara dalam bahasa Inggris.
2.
Cukup lancar, hanya berhenti
sejenak saat berbicara dalam bahasa Inggris.
3.
Sangat lancar saat berbicara
dalam bahasa Inggris.
|
4
|
Pengucapan
Pronunciation
|
1.
Banyak kesalahan saat
mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga sulit
dimengerti.
2.
Ada beberapa kesalahan saat
mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris namun masih bisa
dimengerti.
3.
Tidak ada kesalahan saat
mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga mudah
dimengerti.
|
8
|
Gesture
|
1.
Menggunakan gesture yang
sesuai dan tidak menunjukkan nervous.
2.
Menggunakan gesture yang
sesuai tapi masih menjukkan nervous.
3.
Tidak menggunakan gesture
yang sesuai dan sangat nervous.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
KISI-KISI ULANGAN HARIAN
KD:
|
Memahami ungkapan – ungkapan yang
digunakan untuk mendapatkan perhatian, mengecek pemahaman, menanyakan dan
memberikan pendapat dan menghargai hasil kerja seseorang dalam bahasa
inggris.
|
No.
|
Materi Ajar
|
Indikator soal
|
Nomor
Soal
|
Tingkat
Kompetensi
|
||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
||||
1.
|
Ungkapan sapaan, pamitan, terima kasih, dan permintaan maaf.
|
Menyebutkan 2 cara untuk mendapatkan perhatian dalam bahasa
Inggris.
|
1
|
Ö
|
|
|
|
|
Memahami ungkapan yang menunjukkan cara untuk mendapatkan
perhatian dalam bahasa Inggris.
|
2
|
|
Ö
|
|
|
|
||
Menentukan cara mengecek pemahaman sesuai dengan responnya.
|
3
|
|
Ö
|
|
|
|
||
Merespon ungkapan mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
|
4
|
|
Ö
|
|
|
|
||
Menyebutkan 2 cara untuk mengecek pemahaman dalam bahasa Inggris.
|
5
|
Ö
|
|
|
|
|
||
Menentukan pendapat yang sesuai dengan konteks dalam bahasa
Inggris.
|
6
|
|
|
Ö
|
|
|
||
Menyebutkan 2 cara untuk menanyakan pendapat dalam bahasa Inggris.
|
7
|
Ö
|
|
|
|
|
||
Menyebutkan 2 cara untuk memberikan pendapat dalam bahasa Inggris.
|
8
|
Ö
|
|
|
|
|
||
Menentukan penghargaan yang sesuai dengan konteks dalam bahasa
Inggris.
|
9
|
|
|
Ö
|
|
|
||
Menyebutkan 2 cara untuk menghargai hasil kerja seseorang dalam
bahasa Inggris.
|
10
|
Ö
|
|
|
|
|
Keterangan:
C1 =
Mengingat, C2 = Memahami, C3 = Menerapkan, C4 = Menganalisis, C5 = Mengevaluasi
ULANGAN HARIAN
1.
These following expressions are the ways
to get attention, except …
a.
Hey! b. attention, please! c. I think!
2. Amir : Excuse
me, miss. What is “board marker” in Indonesian?
The expression
of attention
that Amir said is …
a.
Excuse me b. attention, miss. c. board
marker.
3. Mr.
Ali : …………………?
Ahmad : Yes,
I understand.
a.
I understand b. Do you
think so? c. Do you understand?
4. Mr.
Ali : Is
it clear?
Ahmad : …………………
a.
I think it is good b. I’m
with my friend. c. I’m sorry, it’s not clear.
5.
These following expressions are the ways
to check for understanding, except …
a.
What do you think? b. Do
you understand? c. Do you know what I mean?
6.
What do you think about this picture?
a. I think
it is beautiful.
b. Yes,
I think so.
c. I
don’t think so.
7.
These following expressions are the ways
of asking for opinion, except
…
a. What
do you think? b. Do you understand? c. Do you have any
idea?
8.
These following expressions are the ways
of giving for opinion, except
…
a.
I understand … b. I think … c. In my point of view …
9.
What does the following emotion mean?
a.
That’s good!
b.
That’s not good!
c.
That’s bad!
10. These
following expressions are the ways of rewarding
someone’s work, except …
a. That’s
good! b. Good job! c. I think!
KUNCI ULANGAN HARIAN
1.
C
2.
A
3.
C
4.
C
5.
A
|
6.
A
7.
B
8.
A
9.
A
10. C
|
||||
Nilai =
|
Jumlah Benar yang Diperoleh
|
X 100
|
|
||
Skor Maksimum
|
|||||
Good, thank you bro …
BalasHapus