Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK N 2 LANGSA
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : XI/I
Materi Pembelajaran : Ungkapan Memberi Saran dan Tawaran
Alokasi Waktu : 3 x 2JP
A.
Kompetensi
Inti :
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
KD 2.1 Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan
guru dan teman.
KD 3.1 Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi
saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
·
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks
penggunaannya
·
Siswa dapat menjelaskan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
KD 4.1 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan
memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
·
Siswa mampu
menawarkan ungkapan memberi saran dengan benar
·
Siswa mampu
merespon ungkapan menawarkan saran dengan benar
·
Siswa dapat membuat dialog dengan
menggunakan ungkapan memberi saran dan
tawaran
·
Siswa mendemonstrasikan
dialog secara berpasangan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa dapat menyatakan dan merespon ungkapan memberi saran dan
tawaran
·
Siswa dapat
menganalisis ungkapan memberi saran dan tawaran
·
Siswa dapat
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
ungkapan memberi saran dan tawaran
·
Siswa dapat
menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan dan merespon
ungkapan memberi saran dan tawaran
D.
Deskripsi
Materi Pembelajaran :
Fungsi Sosial
·
Menjaga hubungan
interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain
Saran dan Tawaran
1.
Saran
Making Suggestions
|
Accepting Suggestions
|
Declining Suggestions
|
Let’s
go to movies
|
Yes,
let’s go.
|
No,
thank you. I do not feel like going.
|
Why
don’t you do your homework before going out?
|
Ok,
I will.
|
Sorry.
I think I will go out first and then do my homework.
|
How
about going to Sam’s place first and then to supermarket?
|
Yes,
let’s go. It is a good idea.
|
No.
Let’s just go to the supermarket.
|
I
think you should go and meet her
|
Ok,
if you say so.
|
Sorry,
I can’t. I have previous engagement.
|
Let’s
call it a day
|
Let’s.
|
No,
let’s stay for a while.
|
2.
Tawaran
Making Offers
|
Accepting Offers
|
Declining Offers
|
Can
I help you?
|
Yes,
please. I really appreciate it.
|
It’s
okay, I can do it myself.
|
Shall
I bring you some tea
|
Thank
you, it is a very kind of you.
|
No,
thank you.
|
Would
you like another helping of cake?
|
Yes,
please. That would be lovely.
|
No,
thanks. I don’t want another helping.
|
How
about I help you with this?
|
Yes,
please. That would be very kind of you.
|
Don’t
worry. I will do it myself.
|
Can
I take you home?
|
Thank
you, I appreciate your help.
|
That’s
alright. I will manage on my own.
|
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Approach
Model : Discovery Learning
F.
Kegiatan
pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 Menit)
a. Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik
maupun psikologis.
b. Guru membuka pertemuan dengan salam dan doa bersama.
c. Guru mengecek kehadiran siswa.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
akan dicapai.
e. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (70 Menit)
Mengamati
a. Siswa menyimak/mendengarkan contoh dialog tentang
memberikan saran yang dibacakan oleh guru
b. Siswa mengamati nilai moral yang ada pada dialog tersebut
c. Siswa belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan
saran dan respon serta solusi yang diberikan.
d. Siswa mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan
saran dan responnya.
Menanya
a. Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan
antara lain tentang perbedaan antara cara memberi saran dan tawaran serta
responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
b. Siswa saling berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan saran
dan responnya.
Mengumpulkan
Informasi/Mengeksplorasi
a.
Siswa mendengarkan dan
menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta
responnya dalam bahasa Inggris dari buku teks, LKS, dsb.
b.
Siswa menirukan contoh-contoh
interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta responnya dalam bahasa Inggris
dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
c.
Dengan bimbingan dan arahan guru,
siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan) interaksi memberi saran dan tawaran serta responnya.
Mengasosiasi
a.
Siswa membandingkan ungkapan
memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai
sumber tersebut di atas.
b.
Siswa membandingkan ungkapan
memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dipelajari tersebut
di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam
bahasa lain.
c.
Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
a.
Siswa menggunakan bahasa Inggris
setiap kali muncul kesempatan untuk memberi saran dan tawaran serta responnya,
di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi
sosialnya.
b.
Siswa berupaya berbicara secara
lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan
ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
c.
Siswa membicarakan permasalahan
yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran
serta responnya.
3. Kegiatan Penutup (10 Menit)
a.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan pembelajaran hari itu
b.
Guru memberikan umpan balik
pembelajaran
c.
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
E.
Alat/Media/Sumber Belajar
Media : kertas dialog
Alat : Papan tulis dan spidol
Sumber Belajar : Buku Bahasa Inggris Wajib SMA/SMK Kelas
XI Semester 1 Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Tahun 2014
F.
Penilaian
1. Jenis/Teknik Penilaian
·
Tes Tulis dan Kinerja
Penilaian
proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktifitas
mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.
Sikap
·
Observasi dan penilaian diri
Capaian siswa
dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian
(rating scale) yang disertai rubrik.
·
Jurnal, di
dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan
keterampilannya
Pengetahuan
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan
menggunakan testulis/lisan &penugasan (PR).
Keterampilan
Unjuk kerja/Praktik, jurnal.
2. Bentuk Instrumen dan Instrumen
Role play
(memerankan dialogue dengan menggunakan ungkapan memberi saran dan tawaran) dan tes tertulis
(membuat dialog).
3. Pedoman Penskoran
Rubrik
Instrument
penilaian sikap
No
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Serius dalam menerima
pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung jawab dan
teliti dalam menjalankan tugas
|
|
|
|
|
|
3
|
Santun terhadap guru
(menghargai )
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai teman
|
|
|
|
|
|
5
|
Aktif berperan serta
dalam proses PBM
|
|
|
|
|
|
6
|
Menggunakan ungkapan
memberi saran dan tawaran dalam kehidupan sehari–hari.
|
|
|
|
|
|
Instrument penilaian pengetahuan
No
|
Pengetahuan
(kognitif) yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menggunakan ungkapan
memberi saran dan tawaran yang tepat sesuai dengan kondisi yang diberikan
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberi respon yang
tepat
|
|
|
|
|
|
Instrument penilaian keterampilan
No
|
Keterampilan (psikomotor)
yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 4 = Sangat Baik 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang
Pertemuan kedua :
A. Materi
Pembelajaran
Unsur
Kebahasaan
·
Kata kerja terkait dengan
pemberian saran dan tawaran
·
Preposition +
Verb_ing
·
Ucapan, tekanan
kata dan intonasi
Topik
·
Berbagai hal
terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb. tentang
berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, didalam maupun diluar
sekolah.
B. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : PBL (Problem Based Learning)
C.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 Menit)
a. Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik
maupun psikologis.
b. Guru membuka pertemuan dengan salam dan doa bersama.
c. Guru mengecek kehadiran siswa.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
akan dicapai.
e. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (70 Menit)
Mengamati
a.
Guru meminta siswa untuk
mengamati contoh dialog dari topik yang ada di LKS.
b.
Guru membacakan teks dialog
tersebut.
c.
Siswa mendengarkan bacaan teks
tersebut dengan seksama.
d.
Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi
unsur kebahasaan yang ada pada teks dialog tersebut.
e.
Peserta didik membacakan
contoh-contoh teks dialog tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata,
dengan benar dan lancar.
Menanya
a.
Dengan pertanyaan pengarah dari
guru Peserta didik terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan
kebahasaan yang digunakan dalam teks dialog tersebut yang belum dipahami.
b.
Dengan bimbingan dan arahan guru,
Peserta didik Menanya antara lain perbedaan ungkapan yang
digunakan untuk mengundang yang ada dalam bahasa Inggris dan Indonesia, dan perbedaan budayanya.
Mengumpulkan
Informasi/Mengeksplorasi
a.
Guru memperlihatkan beberapa
potongan gambar yang berisikan tentang tema yang berbeda.
b.
Siswa diminta secara berpasangan
untuk memilih salah satu gambar tersebut dan membuat sebuah teks dialog yang
sesuai gambar dan topik tersebut.
c.
Guru memfasilitasi siswa mencari
informasi tentang isi dari gambar tersebut.
Mengasosiasi
a.
Secara berpasangan, siswa
mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan pada dialog dan dari sumber lain.
b.
Guru membantu dan memonitor
aktivitas siswa dalam mengolah dan menganalisis informasi.
Mengkomunikasikan
a.
Guru memfasilitasi siswa
berdiskusi secara berpasangan.
b.
Guru meminta siswa untuk membacakan
teks dialog setiap siswa secara berpasangan di depan kelas.
c.
Siswa menggunakan bahasa Inggris
setiap kali muncul kesempatan untuk membacakan teks dialog, baik di dalam dan
di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
d.
Siswa berupaya berbicara secara
lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan
ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3.
Kegiatan Penutup
(10 Menit)
a. Peserta
didik beserta guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah diterima
b. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
c. Peserta
didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
D. Alat/Media/Sumber
Belajar
Media : gambar
Alat :
Papan tulis dan spidol
Sumber
Belajar : Buku Bahasa Inggris Wajib
SMA/SMK Kelas XI Semester 1 Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014
E.
Penilaian
Look
at these pictures and make a dialogue based on the picture!
F.
Instrumen Penilaian
Instrument penilaian sikap
No
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Serius dalam menerima
pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung jawab dan
teliti dalam menjalankan tugas
|
|
|
|
|
|
3
|
Santun terhadap guru
(menghargai )
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai teman
|
|
|
|
|
|
5
|
Aktif berperan serta
dalam proses PBM
|
|
|
|
|
|
6
|
Menggunakan ungkapan
intention dalam kehidupan sehari– hari
|
|
|
|
|
|
Instrument penilaian pengetahuan
No
|
Pengetahuan
(kognitif) yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menggunakan ungkapan
intentio yang tepat sesuai dengan kondisi yang diberikan
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberi respon yang
tepat
|
|
|
|
|
|
Instrument penilaian keterampilan
No
|
Keterampilan
(psikomotor) yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 4 = Sangat Baik 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang
Pertemuan ketiga :
A. Materi
Pembelajaran
|
B. Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan : PBL (Problem Based Learning)
C. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 Menit)
a. Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik
maupun psikologis.
b. Guru membuka pertemuan dengan salam dan doa bersama.
c. Guru mengecek kehadiran siswa.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
akan dicapai.
e. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan
penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (70 Menit)
Mengamati
a.
Guru meminta siswa untuk
mengamati contoh dialog dari topik yang ada di buku.
b.
Guru membacakan teks dialog
tersebut.
c.
Siswa mendengarkan bacaan teks
tersebut dengan seksama.
Menanya
d.
Dengan pertanyaan pengarah dari
guru Peserta didik terpancing untuk mempertanyakan tujuan; struktur dan
kebahasaan yang digunakan dalam teks dialog tersebut yang belum dipahami.
Mengumpulkan
Informasi/Mengeksplorasi
e.
Guru memperlihatkan beberapa
potongan gambar yang berisikan tentang kalimat-kalimat yang berbeda.
f.
Siswa diminta secara berkelompok
untuk memilih salah satu gambar tersebut dan membuat sebuah teks dialog dan
memerankannya sesuai gambar dan kalimat tersebut.
g.
Guru memfasilitasi siswa mencari
informasi tentang isi dari gambar tersebut.
Mengasosiasi
h.
Secara berkelompok, siswa
mendiskusikan ungkapan yang mereka temukan pada dialog dan dari sumber lain.
i.
Guru membantu dan memonitor
aktivitas siswa dalam mengolah dan menganalisis informasi.
Mengkomunikasikan
j.
Guru memfasilitasi siswa
berdiskusi secara berkelompok
k.
Guru meminta setiap kelompok
untuk menampilkan hasil diskusinya di depan kelas.
l.
Siswa menggunakan bahasa Inggris
setiap kali muncul kesempatan untuk membacakan teks dialog, baik di dalam dan
di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
m.
Siswa berupaya berbicara secara
lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan
ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
3.
Kegiatan Penutup
(10 Menit)
n. Peserta
didik beserta guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah diterima
o. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
p. Peserta
didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan
selanjutnya
D. Alat/Media/Sumber
Belajar
Media : -
Alat : Papan tulis dan spidol
Sumber
Belajar : Buku Bahasa Inggris Wajib
SMA/SMK Kelas XI Semester 1 Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014
E.
Penilaian
Based on the sentences below, make a dialogue and role it
in front of the class in group!
1.
I don’t feel good. I think I’m getting a cold.
2.
My english isn’t progressing as fast as I’d like. What
should I do?
3.
My roommate snores really loudly. I’m losing sleep. I
don’t know what to do.
F.
Instrumen Penilaian
Instrument penilaian sikap
No
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Serius dalam menerima
pelajaran
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung jawab dan
teliti dalam menjalankan tugas
|
|
|
|
|
|
3
|
Santun terhadap guru
(menghargai )
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai teman
|
|
|
|
|
|
5
|
Aktif berperan serta
dalam proses PBM
|
|
|
|
|
|
6
|
Menggunakan ungkapan
intention dalam kehidupan sehari– hari
|
|
|
|
|
|
Instrument penilaian pengetahuan
No
|
Pengetahuan
(kognitif) yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Menggunakan ungkapan
intentio yang tepat sesuai dengan kondisi yang diberikan
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberi respon yang
tepat
|
|
|
|
|
|
Instrument penilaian keterampilan
No
|
Keterampilan
(psikomotor) yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 4 = Sangat Baik 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang
Mengetahui
Guru Pamong
Yeni Kurniati, S.Pd
Nip. 19800315 200604 2 003 |
Langsa, Oktober 2017
Mahasiswa PPL
Selvi Mutia
Dewi
NIM. 1042013071 |
Menyetujui;
Kepala
Sekolah SMK N 2 Langsa
Razali,
S. Pd. MT
NIP. 19630420 198803 1 003
TERIMAH KASIH MBAK ATAS CONTOH RPPNYA. SANGAT MEMBANTU
BalasHapusSangat membantu.
BalasHapusHarrah's Casino & Resort in North Carolina launches
BalasHapusHarrah's 안성 출장안마 Cherokee Casino 사천 출장안마 & Resort, a hospitality company based out 안산 출장안마 of the Eastern Band 화성 출장마사지 of the Cherokee Nation, 대전광역 출장안마 launched its first sportsbook in North Carolina.