jam

Rabu, 13 Desember 2017

RPP SMP/MTS KELAS VIII K 13 Can you play the guitar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                : MTs Terpadu Langsa
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Kelas/semester                       : VIII/Satu
Materi Pokok                         : Can you play the guitar
Alokasi Waktu                       : 7 pertemuan (14JP)

A.      Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.
3.2  Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.

3.2.1   Menyebutkan cara menanyakan kemampuan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
3.2.2   Menyebutkan cara menyatakan kemampuan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
3.2.3   Menyebutkan cara menanyakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
3.2.4   Menyebutkan cara menyatakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
4.
4.2  Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan  kemauan melakukan suatu tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1  Membuat pertanyaan mengenai kemampuan dan kemauan melakuan suatu tindakan yang akan ditanyakan kepada temannya.
4.2.2  Melakukan suatu kegiatan yaitu menempel gambar aktivitas dibuku mengenai kemampuan dalam melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.

C.      Materi Pembelajaran 
·   Fungsi sosial
Menjelaskan, membanggakan, berjanji, mengajak, dan sebagainya .
·   Struktur teks
-    Memulai
-    Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·   Unsur kebahasaan
-    Ungkapan kemampuan dan kemauan yang sesuai, dengan modal: can, will.
-    Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb.
-    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
·   Topik
1.      Interaksi antara peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan kemampuan dan kemauan melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
2.      Materi Pembelajaran Pengayaan.
Teks transaksional dan interpersonal lisan dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam bentuk performance.
3.      Materi Pembelajaran Remedial.
Teks transaksional dan interpersonal tulis dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam bentuk dialog

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

PERTEMUAN PERTAMA
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan
·         Guru memberi salam.
·         Siswa berdoa
·         Guru mengecek kehadiran siswa.
·         Guru mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari dengan bertanya jawab dengan siswa sesuai dengan materi yaitu tentang kemampuan siswa seperti can you play badminton
·         Siswa merespon pertanyaan guru menggunakan bahasa indonesia
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini

10 menit
Inti
·         guru menjelaskan tentang pengertian can dan cara penggunaanya dalam kehidupan seharihari
·         guru meminta siswa untuk membuka buku hal when english rings a bell halaman 27
·         guru memodelkan dialoq dan siswa mengikuti
·         siswa mencari arti kata-kata baru
·         siswa mengerjakan latihan halaman 29
·         guru membahas soal latihan
·         guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
·         guru memberikan penjelasan kembali kepada siswa yang belum mengerti
60 menit









Penutup
·         Guru meminta siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·         Guru menanyakan manfaat & kesulitan selama proses pembelajaran.
·         Siswa diberi tugas untuk menyapa beberapa orang yang dijumpainya sesuai dengan penggunaan waktu yang tepat, serta mencatatnya.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Pendahuluan

·         Guru menyampaikan salam
·         Guru mengingatkan kembali tentang pelajaran kemarin yaitu tentang “ can ”
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan secara singkat dan pengertian tentang can
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

10 menit
Inti
·         Guru membagikan kelompok kepada siswa . masing –masing kelompok terdiri dari dua orang murid.
·         Guru membagikan card yang berisi interviewer dan narasumber
·         Siswa masing-masing mengambil satu kartu dan di belakang kartu terdapat nomer setiap interviewers yang mendapat nomer yang sama menjadi pasangan.
·         siswa yang pertama harus melakukan interview kepada siswa  yang kedua sebag i narasumber
·         siswa yang menginterview mencatat poin penting dari narasumber .
siswa yang menginterview harus mengumpulkan hasil interview
60 menit





Penutup
·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Guru mengingatkan pentingnya menghargai hasil kerja seseorang.
·         Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang will
·         Guru menutup dengan salam dan mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
10 menit

PERTEMUAN KETIGA 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru menyampaikan salam, dan menanyakan keadaan siswa
·         Guru  mengecek kehadiran sisiwa
·         Guru bertanya pada siswa menyangkut materi yang sudah di pelajari di pertemuan kedua
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan secara sigkat

10menit
Inti
·         Guru bertanya will you listen to me ? “ apakah kamu mendengar saya ”
·         Guru memaparkan materi yang akan di pelajari hari ini yaitu tentang penggunaan “will”
·         Guru meminta siswa untuk memodelkan dialoq hal 33 when english rings a bell dan meminta seluruh siswa untuk mencari arti dan tuliskan di buku catatan
60 menit





Penutup
·         Guru membahas kalimat yang sudah di artikan oleh siswa 
·         Guru mengecek apakah seluruh siswa sudah paham menyangkut dengan arti dan penggunaan will
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa yaitu “keep study at home ” and do your homework
·         Guru mengucapkan salam
10 menit

PERTEMUAN KEEMPAT
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan

Pendahuluan
·         Guru menyampaikan salam, dan menanyakan keadaan siswa
·         Guru  mengecek kehadiran sisiwa
·         Guru bertanya pada siswa menyangkut materi yang sudah di pelajari di pertemuan kedua
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan secara sigkat
10 menit
Inti
·         Guru meriview pelajaran sebelumnya
·         Guru meminta siswa untuk memberikan penjelasan tentang ‘will”
·         Guru memberikan latihan kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa
·         Siswa mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru dan bertanya apabila ada soal yang belum jelas
·         Guru menjelaskan kembali instruksi dari soal yang di kerjakan oleh siswa
60 menit
Penutup
·         Guru membahas soal yang di kerjakan oleh siswa
·         Guru mengecek apakah seluruh siswa sudah paham menyangkut dengan arti dan penggunaan will
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa yaitu “keep study at home ” and do your homework
·         Guru mengucapkan salam
10 menit

PERTEMUAN KELIMA
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru menyampaikan salam
·         Guru mengingatkan kembali tentang pelajaran kemarin yaitu tentang “ can ” dan will
·         Guru meminta siswa untuk menjelaskan secara singkat dan pengertian tentang can
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
10 menit
Inti
·         Guru mereview kembali tentang “can dan will” 
·         Guru meminta siswa menjelaskan secara singkat
·         Guru memberikan soal latihan kepada siswa tentang can dan will
·         Guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas masing –masing
·         Guru membahas jawaban dari soal tersebut
60 menit






Penutup
·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Guru mengingatkan pentingnya menghargai hasil kerja seseorang.
·         Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang will
·         Guru menutup dengan salam dan mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
10 menit

PERTEMUAN KEENAM
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru menyampaikan salam
·         Guru mengecek kehadiran siswa
·         Guru menanyakan kabar siswa . how are you today ?
·         Guru bertanya terkait materi yaitu what are plural and singular nouns ?
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
10 menit
Inti
·         Guru menjelaskan tentang pengertian singula and plural nouns dan memerikan contoh
·         Guru meminta pada siswa untuk memberikan contoh tentang nominal plural dan singular
·         Guru meminta siswa maju kedepan untuk menuliskan contoh di papan tulis
·         Guru mengoreksi contoh yang di tuliskan oleh siswa
·         Siswa di minta untuk membuat contoh nominal plural dan singular dalam buku latihan
60 menit








Penutup
·         Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·         Guru mengingatkan pentingnya menghargai hasil kerja seseorang.
·         Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang will
·         Guru menutup dengan salam dan mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
10 menit
PERTEMUAN KETUJUH
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Guru menyampaikan salam, dan menanyakan keadaan siswa
·         Guru  mengecek kehadiran sisiwa
·          Guru bertana apakah ada pembahasan yang belum jelas dan mengulang kembali

10menit
Inti
·         Siswa diminta untuk mengeluarkan kertas selembar 
·         Guru memberikan instruksi kepada siswa menyangkut ulangan  yang diberikan kepada siswa
·         Memberikan soal dan guru sangat berharap siswa mengerjakan tugas itu sendiri.
60 menit



Penutup
·         Guru membahas soal yang telah di kerjakan siswa
·         Guru mengecek apakah seluruh siswa sudah paham dengan soal yang di berikan guru
·         Guru membberikan motivasi kepada siswa seperti keep study hard.
·         Guru mengucapkan salam
10 menit


E.     Penilaian
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian           :  Observasi
b.      Bentuk instrumen         :  Lembar observasi
c.       Kisi – kisi                      :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
1 – 3
                        Lampiran 1

2.      Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian           :  Observasi
b.      Bentuk instrumen         :  Lembar Observasi
c.       Kisi – kisi                      :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Sopan santun
1
  1.  
Tanggung jawab
2
  1.  
Kedisiplinan
3
  1.  
Istiqomah
4

                        Lampiran 2

3.      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian           :  Tes tulis
b.      Bentuk instrumen         :  Soal uraian
c.       Kisi – kisi                      :
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Menyebutkan cara menanyakan kemampuan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
Soal Uraian No. 1
  1.  
Menyebutkan cara menyatakan kemampuan melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
Soal Uraian No. 2
  1.  
Menyebutkan cara menanyakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
Soal Uraian No. 3
  1.  
Menyebutkan cara menyatakan kemauan melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
Soal Uraian No. 4
                        Lampiran 3

4.      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian           :  Tes praktik dan penilaian kegiatan
b.      Bentuk instrumen         :  check list
c.       Kisi – kisi                     

Penilaian Tes Praktik 1
No.
Indikator
Butir Instrumen

1.       

Melakukan tanya jawab didepan kelas tentang menanyakan dan menyatakan kemampuan dan kemauan dalam bahasa Inggris.


Tes praktik 1

        Lampiran 4

Penilaian Tes Praktik 2
No.
Indikator
Butir Instrumen

1.       

Melakukan suatu kegiatan yaitu menempel 3 gambar dibuku mengenai kemampuan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.


Tes praktik 2

Lampiran 5

F.        Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan Umum: Scientific Method
2.      Model: Drill Method




G.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1)      Media
§  Gambar (dari peserta didik)
2)      Alat
§  Double tape (dari guru)
§  Gunting (dari peserta didik)
3)     Sumber belajar
§  Buku teks When English Rings a Bell



Mengetahui
Guru Pamong




Irmayana, S. Pd
               Nip. -
Langsa,     September 2017

Mahasiswa PPL



Megawati
NIM. 1042014048
Mengetahui;
Kepala Sekolah MTs. Terpadu Langsa




Drs. M. Husin Abdul Gani
NIP. 19631231 199905 1 008



Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen observasi     :  Digunakan untuk menilai sikap spiritual peserta didik, pada
                                          indikator: Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai
                                          kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.
Petunjuk:
1.         Buatlah percakapan yang mengandung ungkapan attention dengan teman sebangkumu.
2.         Hafalkan percakapan yang sudah kalian buat.
3.         Praktekkan percakapan yang sudah kalian hafalkan.
Lembar observasi         :  Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai
                                          kesempurnaan makhluk ciptaan tuhan.

No.
Sikap yang dinilai
Skor
1
2
3
  1.  
Mengagumi suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.




  1.  
Mengagumi dialek temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.




  1.  
Mengagumi gesture temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.




Jumlah Skor yang Diperoleh


No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Mengagumi suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.

1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap suara teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi perbedaan dialek temannya.
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap dialek teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
  1.  
Mengagumi gesture temannya
1.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.         Tidak menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.         Menunjukkan ekspresi kekaguman terhadap gesture teman dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.

Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 4

Skor Maksimum

Konversi Penilaian:

Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1< Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor < 1







Lampiran 2: Penilaian sikap sosial (Observasi)
Instrumen observasi              :  Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik, dalam
hal: kesopanan dalam bertutur kata dan bertingkah laku, tanggung jawab, kedisiplinan, dan istiqomah dalam menyelesaikan tugas – tugas.
No.
Sikap
Skor
1
2
3
  1.  
Kesopanan



  1.  
Tanggung jawab



  1.  
Kedisiplinan



  1.  
Istiqomah



Jumlah Skor yang Diperoleh


No
Sikap yang dinilai
Rubrik
1
Kesopanan
1.   Tidak sopan kepada guru dan temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
2.   Sopan kepada guru namun tidak sopan kepada temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
3.   Sopan kepada guru dan temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
2
Tanggung  jawab
1.   Tidak menyelesaikan tugas.
2.   Menyelesaikan tugas tapi tidak mengumpulkannya tepat waktu.
3.   Menyelesaikan tugas dan mengumpulkannya tepat waktu.
3
Kedisiplinan
1.    Terlambat masuk ke kelas dan tidak membawa alat tulis / buku bahasa Inggris.
2.    Masuk tepat waktu tapi tidak membawa alat tulis / buku bahasa Inggris.
3.    Masuk tepat waktu dan membawa alat tulis / buku bahasa Inggris.
4
Istiqomah
1.    Tidak mencatat pelajaran dan tidak mengerjakan tugas.
2.    Mencatat pelajaran tapi tidak mengerjakan tugas.
3.    Mencatat pelajaran dan mengerjakan tugas.



Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X4

Skor Maksimum



Konversi Penilaian:
Sangat Baik (SB),       apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik (B),                     apabila  2 < Skor ≤ 3
Cukup (C)                   apabila 1< Skor ≤ 3
Kurang (K)                  apabila Skor < 1













Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen Tes Tulis:
Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik pada materi pokok tentang menanyakan dan menyatakan kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.

1.      Mention 2 ways to ask someone’s ability to do something!
2.      Mention 2 ways to tell your ability to do something!
3.      Mention 2 ways to ask someone’s willingness to do something!
4.      Mention 2 ways to tell your willingness to do something!



No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
1)      Can you read Al-Qur’an? (Jawaban bisa menyesuaikan)
2)      Can you sing a religion song?

5
2.
1)      (Yes) I can read Al-Qur’an (Jawaban bisa menyesuaikan)
2)      (No) I can’t sing a religion song.

5
3.
1)      Will you come to my party? (Jawaban bisa menyesuaikan)
2)      Will you go to mosque with me?

5

4.
1)      (sure) I will go to your party. (Jawaban bisa menyesuaikan)
2)      (of course) I will go to mosque with you.

5

Skor maksimum


20


Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100


Skor Maksimum








Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik 1)

Tes Praktik 1:
Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal:
1)      Membuat pertanyaan mengenai kemampuan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.
2)      Menanyakan kepada teman didepan kelas dari pertanyaan yang telah dibuat dan mencatat jawabannya.
3)      Gesture yang sesuai.
Petunjuk Kerja:
a.    Bentuklah kelompok (seluruh barisan yang duduk paling depan adalah kelompok 1, yang duduk dibarisan ke 2 adalah kelompok 2 dst.)!
b.    Buatlah 2 pertanyaan dalam bahasa Inggris tentang kemampuan untuk melakukan suatu tindakan kepada temanmu dari kelompok lain!
c.    Majulah kedepan kelas dan tanyakan sesuai dengan pertanyaan yang telah dibuat dalam bahasa Inggris (Kelompok 1 bertanya kepada kelompok 2, kelompok 2 bertanya kepada kelompok 3, kelompok terakhir bertanya kepada kelompok 1)!
d.   Catatlah jawaban dari teman yang kalian tanyai!
e.    Bacakan hasil jawaban yang kalian dapatkan dalam bahasa Inggris!


No.
Indikator
Skor
1
2
3
  1.  
Kosa kata (vocabulary)



  1.  
Ejaan tulisan (spelling)



  1.  
Pengucapan (Pronunciation)



  1.  
Kelancaran (fluency)



  1.  
Gesture



Jumlah Skor yang Diperoleh


No
Indikator
Rubrik
1
Kosa kata
(Vocabulary)
1.      Banyak kesalahan baik secara tertulis maupun lisan sehingga sulit dipahami.
2.      Ada beberapa kesalahan baik secara tertulis maupun secara lisan namun masih bisa dipahami.
3.      Tidak ada kesalahan baik secara tertulis maupun secara lisan sehingga sangat mudah dipahami.
2
Ejaan tulisan
(Spelling)
1.      Banyak kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga bacaan sulit dipahami.
2.      Ada beberapa kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris namun bacaan masih bisa dipahami.
3.      Tidak ada kesalahan ejaan tulisan (spelling) dalam bahasa Inggris sehingga tulisan mudah dipahami.
2
Kelancaran
(Fluency)
1.      Tidak lancar dan berhenti terlalu lama saat berbicara dalam bahasa Inggris.
2.      Cukup lancar, hanya berhenti sejenak saat berbicara dalam bahasa Inggris.
3.      Sangat lancar saat berbicara dalam bahasa Inggris.
4
Pengucapan
Pronunciation
1.      Banyak kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga sulit dimengerti.
2.      Ada beberapa kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris namun masih bisa dimengerti.
3.      Tidak ada kesalahan saat mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga mudah dimengerti.
8
Gesture
1.      Tidak menggunakan gesture yang sesuai dan sangat nervous.
2.      Menggunakan gesture yang sesuai tapi masih menjukkan nervous.
3.      Menggunakan gesture yang sesuai dan tidak menunjukkan nervous.

Kriteria Penilaian:

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100


Skor Maksimum









Lampiran 5: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik 2)
Kegiatan 1:
Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal:
1)      Mempersiapkan bahan dan alat.
2)      Menulis pernyataan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan gambar.
3)      Membacakan hasil kegiatan dalam bahasa Inggris.
4)      Kerapian saat menempel gambar.

Petunjuk Kerja:
a.    Periksa kembali bahan dan alat yang telah kalian bawa!
b.    Gunting gambar yang telah dibawa dan tempel dibuku menggunakan double tape!
c.    Tuliskan pernyataan apakah kalian mampu melakukan seperti yang ada digambar atau melakukan aktivitas sesuai dengan gambar tersebut dalam bahasa Inggris!
d.   Tanyakan kepada teman sebangku kalian apakah mereka mampu melakukan seperti yang ada digambar atau melakukan aktivitas sesuai dengan gambar tersebut dalam bahasa Inggris!
e.    Bacakan hasil kegiatan kalian didepan kelas sambil menunjukkan gambarnya!

Instrumen Kegiatan
No.
Indikator
Hasil Penilaian
3
(baik)
2 (cukup)
1
(kurang)
1
Melengkapi bahan dan alat untuk pembuatan kegiatan.



2
Mengunting dan mempelkan gambar kedalam buku dengan rapi.



3
Menulis pernyataan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan gambar.



4
Percaya diri membacakan hasil kegiatan dalam bahasa Inggris sambil menunjukkan gambar yang sesuai dengan pernyataannya.



Jumlah Skor yang Diperoleh



Kriteria Penilaian:
Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum


Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Melengkapi bahan dan alat untuk pembuatan kegiatan.
1.      Tidak membawa semua alat dan bahan dengan lengkap (gunting dan 3 gambar yang sudah diambil dari internet, laptop, koran / gambar dengan tangan sendiri).
2.      Membawa alat tetapi tidak membawa bahan atau membawa bahan tetapi tidak lengakap (gunting dan 3 gambar yang sudah diambil dari internet, laptop, koran / gambar dengan tangan sendiri).
3.      Membawa semua alat dan bahan (gunting dan 3 gambar yang sudah diambil dari internet, laptop, koran / gambar dengan tangan sendiri).
  1.  
Mengunting dan mempelkan gambar kedalam buku dengan rapi.
1.      Tidak rapi saat menggunting maupun menempelkan gambar.
2.      Rapi saat menggunting tapi tidak rapi saat  menempelkan gambar ataupun sebaliknya.
3.      Sangat rapi saat menggunting maupun menempelkan gambar.
  1.  
Menulis pernyataan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan gambar.
1.      Banyak kesalahan dan tidak sesuai dengan gambar dalam menuliskan pernyataan kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.
2.      Ada beberapa kesalahan dalam menuliskan pernyataan kemampuan melakukan suatu tindakan dengan bahasa Inggris tapi sesuai dengan gambar.
3.      Tidak ada kesalahan dan sesuai dengan gambar dalam menuliskan pernyataan kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.
  1.  
Percaya diri membacakan hasil kegiatan dalam bahasa Inggris sambil menunjukkan gambar yang sesuai dengan pernyataannya.
1.      Tidak percaya diri dan sangat nervous saat membacakan hasil kegiatan didepan kelas dalam bahasa Inggris.
2.      Percaya diri tetapi sedikit nervous saat membacakan hasil kegiatan didepan kelas dalam bahasa Inggris.
3.      Sangat percaya diri dan tidak nervous saat membacakan hasil kegiatan didepan kelas dalam bahasa Inggris.




KISI-KISI ULANGAN HARIAN

KD:
Memahami cara menanyakan dan menyatakan tentang kemampuan dan kemauan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.

No
Materi Ajar
Indikator soal
Nomor
Soal
Tingkat Kompetensi
C1
C2
C3
C4
C5
1.
Ungkapan cara menanyakan dan menyatakan tentang kemampuan dan kemauan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.
Menyebutkan cara menanyakan kemampuan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
1
Ö




2, 3

Ö



Menyebutkan cara menyatakan kemampuan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
4
Ö




5, 6

Ö



Menyebutkan cara menanyakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
7

Ö



8
Ö




Menyebutkan cara menyatakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
9

Ö



10
Ö






Keterangan:
C1 = Mengingat, C2 = Memahami, C3 = Menerapkan, C4 = Menganalisis, C5 = Mengevaluasi





ULANGAN HARIAN

1.      Which one of the following statemet is the way to ask for someone’s ability?
a.       Will you read?                b.   Can you read?                   c.   I can’t read.
2.      Which one is the correct answer of asking for someone’s ability?

Description: C:\Users\Win8\Documents\quran3.jpg                                                            
a.                        Can you read the noble Qur’an?
b.                       Will you read the noble Qur’an?
c.                        I can read the noble Qur’an.
3.      Mr. Ali     :  …………………?
Ahmad     :  Sure, I can.
a.       Will you come?              b.   Can you come?                 c.   I can come
4.      These following statements are the ways to tell someone’s ability or inability, except …
a.       Ahmad can sing             b.   Ali can not sing                 c.   Ahmad will sing
5.      Which one is the correct answer of telling our ability?

Description: C:\Users\Win8\Documents\Salat_Posture_6.jpg                                                 
a.     I can pray (sholat).
b.    Can you pray (sholat)?
c.     I can’t pray (sholat).

6.      Which one is the correct answer of telling our inability?
Description: C:\Users\Win8\Documents\siul.jpeg                                                                                                              
a.     Can you whistle?
b.    I can’t whistle.
c.     I can whistle.
7.      Which one is the correct answer of asking for someone’s willingness?
Description: C:\Users\Win8\Documents\quran3.jpg                                                                                                                  
a.         Can you read the noble Qur’an?
b.         Will you read the noble Qur’an?
c.         I will read the noble Qur’an.

8.      Which one of the following statemet is the way to ask for someone’s willingness?
a.       Will you read?                b.   Can you read?                   c.   I will read
9.      Which one is the correct answer of telling our willingness?
Description: C:\Users\Win8\Documents\Salat_Posture_6.jpg
                                                  
a.     I can pray (sholat).
b.    I will pray (sholat).
c.     Will you pray (sholat)?


10.  Which one of the following statemet is the way to tell for someone’s willingness?
a.       Ahmad can sing             b.   will you sing?                    c.   Ahmad will sing


KUNCI  JAWABAN

1.            B
2.            C
3.            B
4.            A
5.            A
6.         B
7.         B
8.         B
9.         A
10.     C


Nilai =
Jumlah Benar yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar