RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
MTs Terpadu Langsa
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Can you play the guitar
Alokasi Waktu : 7 pertemuan (14JP)
A.
Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KI.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.
|
3.2 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi
sosial menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu
tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.2.1 Menyebutkan
cara menanyakan kemampuan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai
dengan konteks.
3.2.2 Menyebutkan
cara menyatakan kemampuan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai
dengan konteks.
3.2.3 Menyebutkan
cara menanyakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai
dengan konteks.
3.2.4 Menyebutkan
cara menyatakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai
dengan konteks.
|
4.
|
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang
kemampuan dan kemauan melakukan suatu
tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
4.2.1 Membuat pertanyaan mengenai kemampuan dan kemauan melakuan
suatu tindakan yang akan ditanyakan kepada temannya.
4.2.2 Melakukan
suatu kegiatan yaitu menempel gambar aktivitas dibuku mengenai kemampuan
dalam melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.
|
C.
Materi Pembelajaran
·
Fungsi sosial
Menjelaskan,
membanggakan, berjanji, mengajak, dan sebagainya .
·
Struktur teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
·
Unsur kebahasaan
- Ungkapan kemampuan dan kemauan yang sesuai,
dengan modal: can, will.
-
Nomina singular dan
plural dengan atau tanpa a, the, this,
those, my, their, dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda
baca, dan tulisan tangan
·
Topik
1.
Interaksi antara
peserta didik di dalam dan di luar kelas yang melibatkan kemampuan dan kemauan
melakukan tindakan yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI
2.
Materi
Pembelajaran Pengayaan.
Teks
transaksional dan interpersonal lisan dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam
bentuk performance.
3.
Materi
Pembelajaran Remedial.
Teks
transaksional dan interpersonal tulis dengan menggunakan ungkapan sapaan dalam
bentuk dialog
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
PERTEMUAN
PERTAMA
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam.
·
Siswa
berdoa
·
Guru
mengecek kehadiran siswa.
·
Guru
mengarahkan siswa pada materi pelajaran yang akan dipelajari dengan bertanya
jawab dengan siswa sesuai dengan materi yaitu tentang kemampuan siswa seperti
can you play badminton
·
Siswa
merespon pertanyaan guru menggunakan bahasa indonesia
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
·
guru
menjelaskan tentang pengertian can dan cara penggunaanya dalam kehidupan
seharihari
·
guru
meminta siswa untuk membuka buku hal when english rings a bell halaman 27
·
guru
memodelkan dialoq dan siswa mengikuti
·
siswa
mencari arti kata-kata baru
·
siswa
mengerjakan latihan halaman 29
·
guru
membahas soal latihan
·
guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
·
guru
memberikan penjelasan kembali kepada siswa yang belum mengerti
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru
meminta siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
·
Guru
menanyakan manfaat & kesulitan selama proses pembelajaran.
·
Siswa
diberi tugas untuk menyapa beberapa orang yang dijumpainya sesuai dengan
penggunaan waktu yang tepat, serta mencatatnya.
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
10
menit
|
PERTEMUAN KEDUA
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam
·
Guru mengingatkan kembali tentang
pelajaran kemarin yaitu tentang “ can ”
·
Guru meminta siswa untuk menjelaskan
secara singkat dan pengertian tentang can
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru membagikan kelompok kepada siswa
. masing –masing kelompok terdiri dari dua orang murid.
·
Guru membagikan card yang berisi
interviewer dan narasumber
·
Siswa masing-masing mengambil satu
kartu dan di belakang kartu terdapat nomer setiap interviewers yang mendapat
nomer yang sama menjadi pasangan.
·
siswa yang pertama harus melakukan
interview kepada siswa yang kedua
sebag i narasumber
·
siswa
yang menginterview mencatat poin penting dari narasumber .
siswa yang menginterview harus mengumpulkan
hasil interview
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru mengingatkan pentingnya
menghargai hasil kerja seseorang.
·
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang will
·
Guru menutup dengan salam dan
mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
|
10
menit
|
PERTEMUAN KETIGA
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam, dan
menanyakan keadaan siswa
·
Guru
mengecek kehadiran sisiwa
·
Guru bertanya pada siswa menyangkut
materi yang sudah di pelajari di pertemuan kedua
·
Guru meminta siswa untuk menjelaskan
secara sigkat
|
10menit
|
Inti
|
·
Guru bertanya will you listen to me ? “ apakah kamu mendengar saya ”
·
Guru memaparkan materi yang akan di
pelajari hari ini yaitu tentang penggunaan “will”
·
Guru meminta siswa untuk memodelkan
dialoq hal 33 when english rings a bell dan meminta seluruh siswa untuk
mencari arti dan tuliskan di buku catatan
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru membahas kalimat yang sudah di
artikan oleh siswa
·
Guru mengecek apakah seluruh siswa
sudah paham menyangkut dengan arti dan penggunaan will
·
Guru memberikan motivasi kepada siswa
yaitu “keep study at home ” and do your homework
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
PERTEMUAN
KEEMPAT
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam, dan
menanyakan keadaan siswa
·
Guru
mengecek kehadiran sisiwa
·
Guru bertanya pada siswa menyangkut
materi yang sudah di pelajari di pertemuan kedua
·
Guru meminta siswa untuk menjelaskan
secara sigkat
|
10 menit
|
Inti
|
·
Guru meriview pelajaran sebelumnya
·
Guru meminta siswa untuk memberikan
penjelasan tentang ‘will”
·
Guru memberikan latihan kepada siswa
untuk mengecek pemahaman siswa
·
Siswa mengerjakan tugas yang di
berikan oleh guru dan bertanya apabila ada soal yang belum jelas
·
Guru menjelaskan kembali instruksi
dari soal yang di kerjakan oleh siswa
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Guru membahas soal yang di kerjakan
oleh siswa
·
Guru mengecek apakah seluruh siswa
sudah paham menyangkut dengan arti dan penggunaan will
·
Guru memberikan motivasi kepada siswa
yaitu “keep study at home ” and do your homework
·
Guru mengucapkan salam
|
10 menit
|
PERTEMUAN KELIMA
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam
·
Guru mengingatkan kembali tentang
pelajaran kemarin yaitu tentang “ can ” dan will
·
Guru meminta siswa untuk menjelaskan
secara singkat dan pengertian tentang can
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru mereview kembali tentang “can dan
will”
·
Guru meminta siswa menjelaskan secara
singkat
·
Guru memberikan soal latihan kepada
siswa tentang can dan will
·
Guru meminta siswa untuk mengerjakan
tugas masing –masing
·
Guru membahas jawaban dari soal
tersebut
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru mengingatkan pentingnya
menghargai hasil kerja seseorang.
·
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang will
·
Guru menutup dengan salam dan
mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
|
10
menit
|
PERTEMUAN KEENAM
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru menanyakan kabar siswa . how are
you today ?
·
Guru bertanya terkait materi yaitu
what are plural and singular nouns ?
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
hari ini
|
10
menit
|
Inti
|
·
Guru
menjelaskan tentang pengertian singula and plural nouns dan memerikan contoh
·
Guru
meminta pada siswa untuk memberikan contoh tentang nominal plural dan
singular
·
Guru
meminta siswa maju kedepan untuk menuliskan contoh di papan tulis
·
Guru
mengoreksi contoh yang di tuliskan oleh siswa
·
Siswa
di minta untuk membuat contoh nominal plural dan singular dalam buku latihan
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik bersama guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
·
Guru mengingatkan pentingnya
menghargai hasil kerja seseorang.
·
Guru menyampaikan informasi materi
pada pertemuan berikutnya, yaitu tentang will
·
Guru menutup dengan salam dan
mengucapkan ungkapan berpisah dalam bahasa Inggris.
|
10
menit
|
PERTEMUAN KETUJUH
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru menyampaikan salam, dan
menanyakan keadaan siswa
·
Guru
mengecek kehadiran sisiwa
·
Guru bertana apakah ada pembahasan yang
belum jelas dan mengulang kembali
|
10menit
|
Inti
|
·
Siswa diminta untuk mengeluarkan
kertas selembar
·
Guru memberikan instruksi kepada siswa
menyangkut ulangan yang diberikan
kepada siswa
·
Memberikan
soal dan guru sangat berharap siswa mengerjakan tugas itu sendiri.
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Guru membahas soal yang telah di
kerjakan siswa
·
Guru mengecek apakah seluruh siswa
sudah paham dengan soal yang di berikan guru
·
Guru
membberikan motivasi kepada siswa seperti keep study hard.
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
E.
Penilaian
1. Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi – kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Mengagumi suara, dialek, dan gesture temannya sebagai kesempurnaan
makhluk ciptaan tuhan.
|
1
– 3
|
Lampiran 1
2. Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk instrumen : Lembar Observasi
c. Kisi
– kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Sopan santun
|
1
|
|
Tanggung jawab
|
2
|
|
Kedisiplinan
|
3
|
|
Istiqomah
|
4
|
Lampiran 2
3. Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes tulis
b.
Bentuk instrumen : Soal uraian
c. Kisi
– kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Menyebutkan cara menanyakan kemampuan
melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
|
Soal
Uraian No. 1
|
|
Menyebutkan
cara menyatakan kemampuan melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris sesuai
dengan konteks.
|
Soal
Uraian No. 2
|
|
Menyebutkan
cara menanyakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai
dengan konteks.
|
Soal
Uraian No. 3
|
|
Menyebutkan
cara menyatakan kemauan melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris sesuai dengan
konteks.
|
Soal
Uraian No. 4
|
Lampiran 3
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes praktik dan
penilaian kegiatan
b.
Bentuk instrumen : check list
c. Kisi
– kisi
Penilaian
Tes Praktik 1
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Melakukan tanya jawab didepan kelas
tentang menanyakan dan menyatakan kemampuan dan kemauan dalam bahasa Inggris.
|
Tes
praktik 1
|
Lampiran
4
Penilaian Tes Praktik 2
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Melakukan suatu kegiatan yaitu menempel 3
gambar dibuku mengenai kemampuan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa
Inggris.
|
Tes
praktik 2
|
Lampiran
5
F.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Umum: Scientific Method
2.
Model: Drill Method
G.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1) Media
§
Gambar (dari peserta didik)
2) Alat
§ Double tape (dari guru)
§ Gunting
(dari peserta didik)
3) Sumber belajar
§
Buku teks When English Rings a Bell
Mengetahui
Guru
Pamong
Irmayana,
S. Pd
Nip. -
|
Langsa, September 2017
Mahasiswa PPL
Megawati
NIM. 1042014048 |
Mengetahui;
Kepala
Sekolah MTs. Terpadu Langsa
Drs.
M. Husin Abdul Gani
NIP.
19631231 199905 1 008
Lampiran
1: Penilaian Sikap Spiritual (Observasi)
Instrumen observasi : Digunakan untuk
menilai sikap spiritual peserta didik, pada
indikator:
Mengagumi suara, dialek, dan gesture
temannya sebagai
kesempurnaan
makhluk ciptaan tuhan.
Petunjuk:
1.
Buatlah percakapan yang
mengandung ungkapan attention dengan teman sebangkumu.
2.
Hafalkan percakapan yang sudah
kalian buat.
3.
Praktekkan percakapan yang
sudah kalian hafalkan.
Lembar observasi : Mengagumi suara,
dialek, dan gesture temannya sebagai
kesempurnaan
makhluk ciptaan tuhan.
No.
|
Sikap yang dinilai
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Mengagumi
suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.
|
|
|
|
|
Mengagumi
dialek temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.
|
|
|
|
|
Mengagumi
gesture temannya saat berbicara
dalam bahasa Inggris.
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Mengagumi
suara temannya saat berbicara dalam bahasa Inggris.
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap suara teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap suara teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap suara teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan rasa
syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi perbedaan dialek temannya.
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap dialek teman dan tidak mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap dialek teman tetapi mengungkapkan secara verbal yang
menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap dialek teman dan/atau ungkapan verbal yang menunjukkan
rasa syukur terhadap Tuhan.
|
|
Mengagumi gesture temannya
|
1.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap gesture teman
dan tidak mengungkapkan secara verbal yang menunjukkan rasa syukur terhadap
Tuhan.
2.
Tidak menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap gesture teman
tetapi mengungkapkan secara verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
3.
Menunjukkan ekspresi
kekaguman terhadap gesture teman
dan/atau ungkapan verbal menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1< Skor ≤
3
Kurang
(K) apabila Skor < 1
Lampiran 2: Penilaian sikap sosial (Observasi)
Instrumen observasi : Digunakan untuk menilai sikap sosial peserta didik, dalam
hal: kesopanan dalam
bertutur kata dan bertingkah laku, tanggung jawab, kedisiplinan, dan istiqomah
dalam menyelesaikan tugas – tugas.
No.
|
Sikap
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kesopanan
|
|
|
|
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
Istiqomah
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
No
|
Sikap yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Kesopanan
|
1.
Tidak sopan kepada guru dan
temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa
Indonesia.
2.
Sopan kepada guru namun tidak
sopan kepada temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa
Indonesia.
3.
Sopan kepada guru dan
temannya dalam bertutur kata menggunakan bahasa Inggris atau bahasa
Indonesia.
|
2
|
Tanggung jawab
|
1.
Tidak menyelesaikan tugas.
2.
Menyelesaikan tugas tapi
tidak mengumpulkannya tepat waktu.
3.
Menyelesaikan tugas dan mengumpulkannya
tepat waktu.
|
3
|
Kedisiplinan
|
1.
Terlambat masuk ke kelas dan
tidak membawa alat tulis / buku
bahasa Inggris.
2.
Masuk tepat waktu tapi tidak
membawa alat tulis / buku bahasa
Inggris.
3.
Masuk tepat waktu dan membawa
alat tulis / buku bahasa Inggris.
|
4
|
Istiqomah
|
1.
Tidak mencatat pelajaran dan
tidak mengerjakan tugas.
2.
Mencatat pelajaran tapi tidak
mengerjakan tugas.
3.
Mencatat pelajaran dan
mengerjakan tugas.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X4
|
|
Skor Maksimum
|
Konversi Penilaian:
Sangat
Baik (SB), apabila 3 < Skor ≤ 4
Baik
(B), apabila 2 < Skor ≤ 3
Cukup
(C) apabila 1< Skor ≤
3
Kurang
(K) apabila Skor < 1
Lampiran 3: Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen Tes Tulis:
|
Digunakan
untuk menilai pengetahuan peserta didik pada materi pokok tentang menanyakan
dan menyatakan kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan dalam bahasa
Inggris.
|
1. Mention
2 ways to ask someone’s ability to do something!
2. Mention
2 ways to tell your ability to do something!
3. Mention
2 ways to ask someone’s willingness to do something!
4. Mention
2 ways to tell your willingness to do something!
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
1) Can
you read Al-Qur’an? (Jawaban bisa menyesuaikan)
2) Can
you sing a religion song?
|
5
|
2.
|
1) (Yes)
I can read Al-Qur’an (Jawaban bisa menyesuaikan)
2) (No)
I can’t sing a religion song.
|
5
|
3.
|
1) Will
you come to my party? (Jawaban bisa menyesuaikan)
2) Will
you go to mosque with me?
|
5
|
4.
|
1)
(sure) I will go to your
party. (Jawaban bisa menyesuaikan)
2)
(of course) I will go to
mosque with you.
|
5
|
Skor maksimum
|
20
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Lampiran 4: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik
1)
Tes Praktik 1:
|
Digunakan untuk menilai
keterampilan peserta didik dalam hal:
1) Membuat
pertanyaan mengenai kemampuan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa
Inggris.
2) Menanyakan
kepada teman didepan kelas dari pertanyaan yang telah dibuat dan mencatat
jawabannya.
3) Gesture yang sesuai.
|
Petunjuk Kerja:
a.
Bentuklah kelompok (seluruh
barisan yang duduk paling depan adalah kelompok 1, yang duduk dibarisan ke 2
adalah kelompok 2 dst.)!
b.
Buatlah 2 pertanyaan dalam
bahasa Inggris tentang kemampuan untuk melakukan suatu tindakan kepada temanmu
dari kelompok lain!
c.
Majulah kedepan kelas dan
tanyakan sesuai dengan pertanyaan yang telah dibuat dalam bahasa Inggris
(Kelompok 1 bertanya kepada kelompok 2, kelompok 2 bertanya kepada kelompok 3,
kelompok terakhir bertanya kepada kelompok 1)!
d.
Catatlah jawaban dari teman
yang kalian tanyai!
e.
Bacakan hasil jawaban yang
kalian dapatkan dalam bahasa Inggris!
No.
|
Indikator
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
|
Kosa kata (vocabulary)
|
|
|
|
|
Ejaan tulisan (spelling)
|
|
|
|
|
Pengucapan (Pronunciation)
|
|
|
|
|
Kelancaran (fluency)
|
|
|
|
|
Gesture
|
|
|
|
Jumlah
Skor yang Diperoleh
|
|
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Kosa kata
(Vocabulary)
|
1.
Banyak kesalahan baik secara
tertulis maupun lisan sehingga sulit dipahami.
2.
Ada beberapa kesalahan baik
secara tertulis maupun secara lisan namun masih bisa dipahami.
3.
Tidak ada kesalahan baik
secara tertulis maupun secara lisan sehingga sangat mudah dipahami.
|
2
|
Ejaan tulisan
(Spelling)
|
1.
Banyak kesalahan ejaan
tulisan (spelling) dalam bahasa
Inggris sehingga bacaan sulit dipahami.
2.
Ada beberapa kesalahan ejaan
tulisan (spelling) dalam bahasa
Inggris namun bacaan masih bisa dipahami.
3.
Tidak ada kesalahan ejaan
tulisan (spelling) dalam bahasa
Inggris sehingga tulisan mudah dipahami.
|
2
|
Kelancaran
(Fluency)
|
1.
Tidak lancar dan berhenti terlalu
lama saat berbicara dalam bahasa Inggris.
2.
Cukup lancar, hanya berhenti
sejenak saat berbicara dalam bahasa Inggris.
3.
Sangat lancar saat berbicara
dalam bahasa Inggris.
|
4
|
Pengucapan
Pronunciation
|
1.
Banyak kesalahan saat
mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga sulit
dimengerti.
2.
Ada beberapa kesalahan saat
mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris namun masih bisa
dimengerti.
3.
Tidak ada kesalahan saat
mengucapkan kata – kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sehingga mudah
dimengerti.
|
8
|
Gesture
|
1.
Tidak menggunakan gesture yang sesuai dan sangat nervous.
2.
Menggunakan gesture yang sesuai tapi masih
menjukkan nervous.
3.
Menggunakan gesture yang sesuai dan tidak
menunjukkan nervous.
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Lampiran 5: Penilaian Keterampilan (Tes Praktik 2)
Kegiatan 1:
|
Digunakan untuk menilai
keterampilan peserta didik dalam hal:
1) Mempersiapkan
bahan dan alat.
2) Menulis
pernyataan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris
sesuai dengan gambar.
3) Membacakan
hasil kegiatan dalam bahasa Inggris.
4) Kerapian
saat menempel gambar.
|
Petunjuk Kerja:
a. Periksa
kembali bahan dan alat yang telah kalian bawa!
b. Gunting
gambar yang telah dibawa dan tempel dibuku menggunakan double tape!
c. Tuliskan
pernyataan apakah kalian mampu melakukan seperti yang ada digambar atau
melakukan aktivitas sesuai dengan gambar tersebut dalam bahasa Inggris!
d. Tanyakan
kepada teman sebangku kalian apakah mereka mampu melakukan seperti yang ada
digambar atau melakukan aktivitas sesuai dengan gambar tersebut dalam bahasa
Inggris!
e. Bacakan
hasil kegiatan kalian didepan kelas sambil menunjukkan gambarnya!
Instrumen
Kegiatan
No.
|
Indikator
|
Hasil Penilaian
|
||
3
(baik)
|
2 (cukup)
|
1
(kurang)
|
||
1
|
Melengkapi
bahan dan alat untuk pembuatan kegiatan.
|
|
|
|
2
|
Mengunting
dan mempelkan gambar kedalam buku dengan rapi.
|
|
|
|
3
|
Menulis
pernyataan tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris
sesuai dengan gambar.
|
|
|
|
4
|
Percaya
diri membacakan hasil kegiatan dalam bahasa Inggris sambil menunjukkan gambar
yang sesuai dengan pernyataannya.
|
|
|
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
|
Kriteria Penilaian:
Nilai =
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Rubrik
Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Melengkapi bahan dan
alat untuk pembuatan kegiatan.
|
1.
Tidak membawa semua alat dan
bahan dengan lengkap (gunting dan 3 gambar yang sudah diambil dari internet,
laptop, koran / gambar dengan tangan sendiri).
2.
Membawa alat tetapi tidak
membawa bahan atau membawa bahan tetapi tidak lengakap (gunting dan 3 gambar
yang sudah diambil dari internet, laptop, koran / gambar dengan tangan
sendiri).
3.
Membawa semua alat dan bahan
(gunting dan 3 gambar yang sudah diambil dari internet, laptop, koran /
gambar dengan tangan sendiri).
|
|
Mengunting dan mempelkan gambar kedalam
buku dengan rapi.
|
1.
Tidak rapi saat menggunting
maupun menempelkan gambar.
2.
Rapi saat menggunting tapi
tidak rapi saat menempelkan gambar
ataupun sebaliknya.
3.
Sangat rapi saat menggunting
maupun menempelkan gambar.
|
|
Menulis pernyataan
tentang kemampuan melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan
gambar.
|
1.
Banyak kesalahan dan tidak
sesuai dengan gambar dalam menuliskan pernyataan kemampuan melakukan suatu
tindakan dalam bahasa Inggris.
2.
Ada beberapa kesalahan dalam
menuliskan pernyataan kemampuan melakukan suatu tindakan dengan bahasa
Inggris tapi sesuai dengan gambar.
3.
Tidak ada kesalahan dan
sesuai dengan gambar dalam menuliskan pernyataan kemampuan melakukan suatu
tindakan dalam bahasa Inggris.
|
|
Percaya diri
membacakan hasil kegiatan dalam bahasa Inggris sambil menunjukkan gambar yang
sesuai dengan pernyataannya.
|
1.
Tidak percaya diri dan sangat
nervous saat membacakan hasil
kegiatan didepan kelas dalam bahasa Inggris.
2.
Percaya diri tetapi sedikit nervous saat membacakan hasil kegiatan
didepan kelas dalam bahasa Inggris.
3.
Sangat percaya diri dan tidak
nervous saat membacakan hasil
kegiatan didepan kelas dalam bahasa Inggris.
|
KISI-KISI ULANGAN HARIAN
KD:
|
Memahami cara menanyakan dan menyatakan
tentang kemampuan dan kemauan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa
Inggris.
|
No
|
Materi Ajar
|
Indikator soal
|
Nomor
Soal
|
Tingkat
Kompetensi
|
||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
||||
1.
|
Ungkapan cara menanyakan dan menyatakan tentang kemampuan dan
kemauan untuk melakukan suatu tindakan dalam bahasa Inggris.
|
Menyebutkan cara menanyakan kemampuan
melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
|
1
|
Ö
|
|
|
|
|
2, 3
|
|
Ö
|
|
|
|
|||
Menyebutkan cara menyatakan kemampuan
melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
|
4
|
Ö
|
|
|
|
|
||
5, 6
|
|
Ö
|
|
|
|
|||
Menyebutkan cara menanyakan kemauan
melakuan suatu tindakan dalam bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
|
7
|
|
Ö
|
|
|
|
||
8
|
Ö
|
|
|
|
|
|||
Menyebutkan cara menyatakan kemauan melakuan suatu tindakan dalam
bahasa Inggris sesuai dengan konteks.
|
9
|
|
Ö
|
|
|
|
||
10
|
Ö
|
|
|
|
|
Keterangan:
C1 =
Mengingat, C2 = Memahami, C3 = Menerapkan, C4 = Menganalisis, C5 = Mengevaluasi
ULANGAN HARIAN
1.
Which one of the following statemet is
the way to ask for someone’s ability?
a.
Will you read? b. Can you
read? c. I can’t read.
2.
Which one is the correct answer of asking for someone’s ability?
a.
Can you read the noble Qur’an?
b.
Will you read the noble Qur’an?
c.
I can read the noble Qur’an.
3. Mr.
Ali : …………………?
Ahmad : Sure,
I can.
a.
Will you come? b. Can you come? c. I can come
4.
These following statements are the ways
to tell someone’s ability or
inability, except …
a.
Ahmad can sing b. Ali can not
sing c. Ahmad will sing
5.
Which one is the correct answer of telling our ability?
a. I can
pray (sholat).
b. Can
you pray (sholat)?
c. I
can’t pray (sholat).
6.
Which one is the correct answer of telling our inability?
a. Can
you whistle?
b. I
can’t whistle.
c. I can
whistle.
7.
Which one is the correct answer of asking for someone’s willingness?
a.
Can you read the noble Qur’an?
b.
Will you read the noble Qur’an?
c.
I will read the noble Qur’an.
8.
Which one of the following statemet is
the way to ask for someone’s willingness?
a.
Will you read? b. Can you
read? c. I will read
9.
Which one is the correct answer of telling our willingness?
a. I can
pray (sholat).
b. I
will pray (sholat).
c. Will
you pray (sholat)?
10. Which
one of the following statemet is the way to
tell for someone’s willingness?
a. Ahmad
can sing b. will you sing? c. Ahmad
will sing
KUNCI JAWABAN
1.
B
2.
C
3.
B
4.
A
5.
A
|
6.
B
7.
B
8.
B
9.
A
10. C
|
Nilai =
|
Jumlah Benar yang Diperoleh
|
X 100
|
|
Skor Maksimum
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar