RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMK N 5 Langsa
Mata pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pokok : “Talking About Self”
Alokasi Waktu : 8x45 menit / 4 x pertemuan
A. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
2.1 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
melakukan komunikasi dengan lingkungan sosialnya dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.1 Menerapkanfungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diridan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun,
subjective, objective, possessive).
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan
dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan
Indikator :
a. Siswa
memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan
dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya
b. Siswa
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya
c. Siswa
menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan
dari teks pemaparan jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
mempelajari Bab 1, siswa diharapkan mampu:
3.1 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1 Menyusun teks interaksi,
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Teks lisan dan tulis sederhana untuk memaparkan dan menanyakan jati diri, serta
responnya
Fungsi sosial
·
Menyebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas dan orang-orang dekat
lainnya; hobi, kebiasaan
·
Verba: be, have, go, work, live (dalam simple present tense)
·
Subjek Pronoun: I, You, We, They, He, She, It
·
Kata ganti possessive my, your, his, dsb.
·
Kata tanya Who? Which? How? Dst.
·
Nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my,
their, dsb.
·
Ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
Struktur teks
Alex:
My My name is Alex. I live on Jln.
Kenari.
Vina:
Near SMAN 2?
Alex:
Yes, only 100 m to the north. I have 2
brothers, Ferry and Bima.
Aldi:
I know Ferry
Alex:
Really.
Aldi:
Yes, we play badminton together every
Friday.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kosakata:
nama status hubungan keluarga, kekerabatan, teman, tetangga
(2)
Nama
profesi pekerjaan, hobi.
(3)
Kata tanya
Who? Which? How? Dst.
(4)
Kata kerja
dalam simple present tense.
(5)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(6)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(7)
Ejaan dan
tanda baca
(8)
Tulisan
tangan.
Topik
Diri
sendiri, orang tua, kakak, adik, famili, tetangga, dan orang terdekat lainnya,
dengan memberikan keteladanan tentang perilaku santun, peduli, jujur, disiplin,
percaya diri, kerjasama, dan bertanggung jawab.
D. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Scientific approach
2.
Model :
3.
Teknik : Game, JIG SAW, Think Pair Share,
E. MEDIA, ALAT,
DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Media : Contoh Email,
Game Card
2. Alat : Laptop, loudspeaker, papan tulis
dan In focus.
3. Sumber Pembelajaran : Kurikulum 2013, Buku Bahasa Inggris kementrian pendidikan
dan kebudayaan
F. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE-1
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a.
Mengucapkan salam
dan berdo’a bersama
b. Memberi motivasi
belajar
c.
Memberi
brainstorming berupa Game (Chinese Whisper)
yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, dengan materi
kalimat sebagai berikut :
·
I know your name from my friend, Caroline.
·
I guess I’d better tell you something about myself
first.
·
My mother runs the family business.
·
I’m really into songs and music.
·
I’d really love to come to Indonesia some day.
·
Sometimes we slip back into Malay.
d. Setelah
selesai aktivitas, guru mengecekMenjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai.
2.
Kegiatan Inti (65 menit)
(JIG SAW)
Mengamati (25
menit)
a.
Siswa mengamati daftar kosakata yang berkaitan
dengan pemaparan jati diri, kemudian menjodohkan artinya dalam bahasa
indonesia.
b.
Siswa mengamati dan menirukan contoh pengucapan kosakata yang berkaitan dengan pemaparan
jati diri oleh guru
c.
Siswa mengidentifikasi
ciri kalimat yang menyatakan dari wacana
tentang pemaparan jati diri berbentuk surat elektronik
bagi siswa kelompok A dan berbentuk surat bagi siswa kelompok B,
sesuai dengan konteks penggunaannya dengan bimbingan dan arahan guru.
Mempertanyakan
(15 menit)
a.
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan
mengenai fungsi sosial, struktur teks, unsur
kebahasaan, maupun format penulisan cara memaparkan jati diri
b.
Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi teks yang
memaparkan jati diri
c. Siswa menanyakan kata-kata sulit antar teman di dalam
kelompok
Mengeksplorasi (15 menit)
a.
Siswa diberikan tabel
mengenai ide pokok masing-masing paragraph, siswa menentukan ide pokok
masing-masing paragraph dan informasi rinci sesuai bacaan yang dibacanya.
3.
Penutup (10 menit)
Siswa diberi tugas untuk mencari
dari sumber lainnya seperti textbook dan internet yang berisi
teks tentang pemaparan
jati diri, sesuai dengan konteks penggunaannya.
PERTEMUAN
KE- 2
Pendahuluan (15 menit)
·
Mengucapkan
salam dan berdoa
·
Memberikan
motivasi dan apersepsi
·
Menginformasi
tujuan pembelajaran
·
Guru Melakukan
Warmimg up Sing a Song togather
Kegiatan Inti (65 menit)
·
Siswa
mendengarkan cara guru menerangkan bahwa untuk memahami bacaan siswa perlu
memahami sebagian besar makna kosa kata bacaan
·
Siswa diminta
guru menyebutkan verba/be
·
Siswa menyimak
cara Guru ketika memberitahu bahwa lafal yang benar membuat kata atau kalimat
yang diucapkan mudah dimengerti oleh orang lain
·
Siswa diberi
tahu guru bahwa mereka akan terlatih mengucapkan kosakata baru dengan berlatih
melafalkan pelafalan yang benar membuat omongan mudah dimengerti
·
Guru mendrill
siswa dengan kosakata verba baru
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai verba/ be
·
Siswa menyimak
guru dalam menerangkan pembuatan kalimat simple present tense
·
Siswa
berpartisipasi dalam memberi contoh kalimat yang sesuai
·
Siswa diarahkan
untuk membuat kalimat singkat yang berkaitan dengan simple present tense
·
Siswa diarahkan
untuk memmbuat karangan singkat tentang jati diri yang terfokuskan kepada
simple resent tense
·
Siswa diarahkan
untuk menukar hasil karangan dengan teman
·
Guru
memerhatikan siswa dalam memahami karangan temannya
·
Guru menilai
karangan setiap siswa.
Penutup(10
menit)
·
Guru dan peserta
didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
·
Melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram.
·
Memberikantugas,
baiktugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
·
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
PERTEMUAN
KE - 3
1.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
a.
Mengucapkan salam
dan berdo’a bersama
b.
Menanyakan tugas
sebelumnya
c.
Mengulang kembali
materi sebelumnya secara sekilas
2.
Kegiatan Inti (65 menit)
Mengeksplorasi (35 menit)
-
Guru
bertanya jawab dengan siswa untuk menjelaskan apa yang
dimaksud
dengan pronoun dan apa gunanya.
-
Dari
jawaban siswa guru membimbing siswa menyimpulkan bahwa dalam self introduction banyak digunakan pronoun, atau kata yang menggantikan noun untuk menghindari pengulangan yang tidak perlu yang membuat kalimat menjadi tidak bagus.
Mengasosiasi (30 menit)
-
Siswa
mengerjakan taks 2, yaitu mengidentifikasi pronoun
-
Siswa mengisi rumpang dengan pronoun yang tepat
berdasarkan konteks kalimat.
-
3.
Penutupan (10 menit)
-
Setelah selesai guru meminta siswa saling
mencocokkan terlebih dahulu sebelum dibahas bersama guru.
-
Merangkumkan materi pelajaran yang telah diajarkan
hari ini
-
Salam
PERTEMUAN KE – 4
1. Kegiatan Pendahuluan (10
menit)
a. Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
b. Menanyakan tugas sebelumnya
c. Mengulang kembali materi sebelumnya secara sekilas
2. Kegiatan Inti (70 menit)
-
Guru memberikan ulangan dari pelajaran yang sudah di pelajari di
pertemuan 1-3
3. Penutupan (10 menit)
a. Setelah selesai guru meminta siswa saling mengoreksi hasil
ulangan.
b. Salam
G.
PENILAIAN
1.
Jenis/teknik penilaian
Sikap:
-
observasi
-
Jurnal,
Pengetahuan:
- Tes Tulis
Keterampilan:
Unjuk
kerja/Praktik
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
Rubrik
a. Aspek Sikap
|
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang
jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah
jujur
|
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu
tanggung jawab
4: sering
tanggung jawab
3: kadang-kadang
tanggung jawab
2: jarang
tanggung jawab
1: tidak pernah
tanggung jawab
|
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu
kerjasama
4: sering
kerjasama
3: kadang-kadang
kerjasama
2: jarang
kerjasama
1: tidak pernah
kerjasama
|
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu
disiplin
4: sering
disiplin
3: kadang-kadang
disiplin
2: jarang
disiplin
1: tidak pernah
disiplin
|
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya
diri
4: sering percaya
diri
3: kadang-kadang
percaya diri
2: jarang
disiplin percaya diri
1: tidak pernah
percaya diri
|
|
RUBRIK PENILAIAN
READING
|
Jumlah butir
|
Jumlah betul
|
%pencapaian
|
Penguasaan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
Cara Penilaian :
Skor perolehan x 100 =
Skor
maksimal
RUBRIK
PENILAIAN SPEAKING
|
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
|
1.
|
Pengucapan
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
|
2.
|
Intonasi
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5
= sangat teliti
4
= teliti
3
= cukup teliti
2
= kurang teliti
1
= tidak teliti
|
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5
= sangat memahami
4
= memahami
3
= cukup memahami
2
= kurang memahami
1 = tidak memahami
|
|
RUBRIK PENILAIAN WRITING
|
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
SKOR
|
|
1
|
Grammar dan vocabulary(leksikogramatika)
·
Menggunakan tatabahasa yang benar dan kosakata
yang tepat
·
Menggunakan tata bahasa dan kosakata yang ter
Kadang kurang tepat, tetapi tidak mempengaruhi makna
·
Menggunakan tatabahasa dan kosakata yang kurang
tepat dan mempengaruhi makna
·
Menggunakan tatabahasa dan kosakata yang
sulit/tidak dapat dimengerti
·
Sulit memproduksi kata-kata diam
|
4
3
2
1
0
|
|
2
|
Manajemen Wacana
Genre
·
Memilih genre yang tepat untuk judul yang dipilih
dengan struktur teks yang maksimal
·
Memilih genre yang kurang jelas untuk judul yang
dipilih dengan struktur teks yang minimal
·
Pilihan genre (tujuan komunikatif) tidak jelas
·
Tulisan tidak berstruktur
·
Menulis kata-kata secara acak, hampir tidak
bermakna
|
4
3
2
1
0
|
|
3
|
Kejelasan makna
·
Mengungkapkan berbagai makna secara jells dan
efektif
·
Mengungkapkan berbagai makna secara jelas
·
Mengungkapkan makna , tetapi sesekali kurang jelas
·
Mengungkapkan makna, tetapi sulit dipahami
·
Menulis secara acak, makna hilang
|
4
3
2
1
0
|
|
4
|
Hubungan antar
gagasan
·
Menunjukkan kelancaran hubungan antar gagasan
·
Menunjukkan transisi hubungan antar gagasan
·
Hubungan antar gagasan kurang jelas
·
Hubungan antar gagasan kacau
·
Gagal merealisasikan gagasan
|
4
3
2
1
0
|
Aspek
Keterampilan
|
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
|
1.
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5
= Selalu melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
4
= Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
= Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2
= Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1
= tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
|
|
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 5 Langsa
Juari,
ST, S. Pd
NIP. 19650605 198902 1 004
|
Langsa, 17 Oktober
2016
Guru Pamong
Eka Suryaningsih, S. Pd
NIP.
19800520 200504 2 002
|
Mahasiswa
PPL
Mayank
Aryanti
Nim. 1042013060
Tidak ada komentar:
Posting Komentar